Purwaningrum, Merinta Diah (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle untuk meningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang / Merinta Diah Purwaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwaningrum Merinta Diah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (2) Dr. Sri Untari M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade Inside-Outside Circle Keterampilan Sosial Hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan di kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang ditemukan beberapa permasalahan utama dalam pembelajaran muatan pelajaran IPS yaitu (1) pembelajaran masih didominasi oleh guru (2) keterampilan sosial siswa rendah (3) hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS rendah. Salah satu cara yang dipandang sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle. Model pembelajaran tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi ilmu pengetahuan mengembangkan keterampilan berpikir serta mengembangkan sikap saling bekerja sama dengan teman. Pembelajaran lebih terpusat pada siswa sehingga dapat sehingga meningkatkan keterampilan sosial siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPS secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle 2) meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle 3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pandanwangi 2 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara pengisisan angket dan tes hasil belajar aspek kognitif. Teknis analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penyimpulan hasil analisis. Hasil dari penelitian yaitu (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle yang dilakukan oleh guru dan siswa terlaksana dengan sangat baik (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang. Persentase nilai rata-rata observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 74% dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 83 83%. Persentase nilai rata-rata angket keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 77 5% dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 86 82% (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pandanwangi 2 Malang. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 56 25% dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 93 75%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka peneliti memberikan beberapa saran yaitu (1) Guru Sekolah Dasar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif Quiz-quiz Trade dan Inside-Outside Circle dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan sosial siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPS. Pemilihan model pembelajaran seyogyanya disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa materi pembelajaran jumlah siswa kondisi ruang kelas pengaturan tempat duduk serta alokasi waktu (2) Guru seyogyanya lebih cermat dalam menentukan pasangan atau kelompok dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle agar siswa dapat berinteraksi atau berdiskusi dengan siswa yang berbeda-beda dalam setiap pertemuan/kegiatan pembelajaran (3) Guru seyogyanya membimbing siswa untuk tertib dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ketika belajar di luar kelas agar tercipta suasana bermain sambil belajar (4) Guru seyogyanya lebih cermat dalam mengontrol dan membimbing siswa yang kurang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63175 |
Actions (login required)
View Item |