Peningkatan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dan keterampilan sosial siswa melalui model tipe stad pada siswa kelas V SDN Sindangsari Cimahi / Sutinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dan keterampilan sosial siswa melalui model tipe stad pada siswa kelas V SDN Sindangsari Cimahi / Sutinah

Sutinah (2017) Peningkatan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dan keterampilan sosial siswa melalui model tipe stad pada siswa kelas V SDN Sindangsari Cimahi / Sutinah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutinah. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Menghargai Keputusan Bersama dan Keterampilan Sosial Siswa melalui Model Tipe STAD pada Siswa Kelas V SDN Sindangsari Cimahi. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd Kata Kunci STAD pemahaman konsep keterampilan sosial Penelitian ini merupakan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Sindangsari Cimahi dengan jumlah 39 siswa. Penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan fokus penelitian bagaimana model pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dan bagaimana STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Prosedur penelitian yaitu perencanaan tindakan observasi penghargaan dan refleksi. Instrumen penelitian berupa RPP LKS tes evaluasi kuis lembar observasi kegiatan kelompok lembar observasi kelas lembar observasi keterampilan sosial dalam kelompok dan skala keterampilan sosial siswa. Penelitian ini diawali dengan pra tindakan selanjutnya dilaksanakan siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDN Sindangsarai hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan evaluasi ditemukan 17 siswa atau 44% tidak mendapatkan nilai tuntas pada pra tindakan 3 siswa atau sekitar 8 % yang tidak mendapatkan nilai tuntas pada siklus I dan 39 orang siswa atau 100% mendapatkan nilai tuntas pada siklus II. Rata-rata skor yang didapatkan oleh siswa pada pra tindakan yaitu 76 61 setelah dilaksanakannya siklus I peningkatan rata-rata skor sebesar 81 17 dan pada siklus kedua rata-rata skor meningkat menjadi 85 02%. Penghargaan kelompok yang diberikan kepada siswa berdasarkan perhitungan didapatkan pada siklus pertama terdapat tiga kelompok yang mendapatkan kategori BAIK dan lima kelompok lainnya mendapatkan kategori hebat serta tidak ada kelompok yang mendapatkan kategori SUPER. Pada siklus kedua terdapat dua kelompok yang memperoleh kategori SUPER dan enam kelompok lainnya memperoleh kategori HEBAT serta tidak ditemukan lagi kelompok yang memperoleh kategori BAIK. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa setelah dilaksanakannya model pembelajaran STAD. Keterampilan sosial siswa pada pra tindakan ditemukan bahwa 3 siswa atau sekitar 8% dalam kategori keterampilan sangat kurang baik 7 siswa atau 18% dalam kategori keterampilan kurang baik 22 atau 56% dalam kategori keterampilan social cukup. Pada siklus I ditemukan peningkatan yang signifikan 18 siswa atau 17 5% dalam kategori keterampilan cukup 20 siswa atau 50% dalam kategori baik dan 1 siswa atau 2 5% dalam kategori sangat baik. Siklus kedua keterampilan social mengalami peningkatan yang sangat signifikan 18 orang atau 47 5 persen dalam kategori keterampilan social baik dan 21 siswa atau 52 5% dalam kategori sangat baik. ABSTRACT Sutinah. 2017. Improving Students Understanding on the Concept of Respecting the Group Decision and Social Skill Through STAD Model on Fifth Grade Students SDN Sindangsari Cimahi. Thesis Postgraduate Basic Education Program of Universitas Negeri Malang. Supervisors (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd Keywords STAD concept understanding social skills This research is a Classroom Action Research. The research was conducted on grade V SDN Sindangsari Cimahi students with 39 students. The study used STAD as cooperative learning model with a focus on how STAD learning model can improve students understanding on the concept of respecting group decisions and how STAD can improve students social skills. The research procedures included planning implementing observing appreciating and reflecting. The research instruments were lesson plan students work sheet evaluation test quiz observation sheet of group activities observation sheet of classroom activities and scale of students social skill scale. The research was begun with a pre-action and followed up by cycle I and cycle II. The results showed that there is an increase in understanding the concept of appreciating the decision of the students in grade V SDN Sindangsarai the results showed an increase in student learning outcomes. Based on the evaluation it was found that 17 students (44%) got low score in the pre-action 3 students (8%) got low score in cycle I and 39 students (100%) achived the criteria of success in cycle II. The mean score obtained by students on the pre-action was 76.61. After the implementation of the first cycle the mean score increased to 81.17 and in the second cycle increased to 85.02. The group reward was given to the students based on the calculations of their score. In the first cycle there were three groups that received the GOOD category and the other five got the great category no groups got the super category. In the second cycle there were two groups got the SUPER category and the other six groups got the GREAT category and no groups got the GOOD category. Furthermore this research found an increase in students social skill after the implementation of STAD learning model. In pre-action it was found that 3 students (8%) were in very poor category 7 students (18%) were in bad skill category and 22 students (56%) were in average category. In cycle I it was found a significant increase of 18 students (17.5%) in average category 20 students (50%) in good category and 1 student (2.5%) in very good category. Another significant increase was also found in the second cycle in which 18 students (47.5%) were in the category of good social skills and 21 students (52.5%) in very good category.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63172

Actions (login required)

View Item View Item