Pengembangan media powerpoint interaktif sebagai suplemen keterampilan membaca pemahaman berbasis PIRLS untuk siswa kelas vi SD / Fajrin Nilamsari Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media powerpoint interaktif sebagai suplemen keterampilan membaca pemahaman berbasis PIRLS untuk siswa kelas vi SD / Fajrin Nilamsari Damayanti

Fajrin, Nilamsari Damayanti (2017) Pengembangan media powerpoint interaktif sebagai suplemen keterampilan membaca pemahaman berbasis PIRLS untuk siswa kelas vi SD / Fajrin Nilamsari Damayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajrin Nilamsari Damayanti. 2017. Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Suplemen Keterampilan Membaca Pemahaman Berbasis PIRLS Untuk Siswa Kelas IV SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci powerpoint interaktif membaca pemahaman PIRLS SD. Keterampilan membaca merupakan kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dan sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran dalam proses belajar mereka. Salah satu lembaga internasional yang melakukan survei tentang tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD yaitu IEA (The International Association for Evaluation of Educational Achievement) melalui Tes PIRLS (Proggress in International Reading Literacy Study). Sangat disayangkan hasil skor Tes PIRLS untuk siswa di Indonesia pada tahun 2006 dan 2011 termasuk tingkatan yang paling rendah (kategori low) dan berada di bawah skor rata-rata internasional. Oleh karena itu perlu adanya solusi untuk memperbaiki tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa di Indonesia. Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Powerpoint merupakan salah satu dapat program multimedia yang dapat dibuat secara interaktif dan menarik karena dapat menggabungkan berbagai jenis media. Berdasarkan fakta tersebut diasumsikan media powerpoint interakif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Model pengembangan yang diterapkan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif keterampilan membaca pemahaman berbasis PIRLS untuk siswa kelas IV SD yaitu model pengembangan Hannafin Peck. Tahapan pengembangan meliputi tiga tahap yaitu (1) analisis kebutuhan (2) desain (3) pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi dan revisi yang fleksibel dilakukan pada tiap tahap. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil sebagai berikut (1) ahli materi diperoleh 88 33% berarti sangat valid (2) ahli media diperoleh 87 5% berarti sangat valid (3) guru kelas IV diperoleh 92 8% berarti produk memiliki tingkat keterterapan yang tinggi (4) uji coba kelompok kecil diperoleh 93 33% berarti produk sangat menarik dan sangat praktis digunakan dan (5) uji coba lapangan diperoleh 83 35% siswa memenuhi KKM berarti produk efektif digunakan dalam pembelajaran. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa powerpoint interaktif keerampilan membaca pemahaman berbasis PIRLS untuk kelas IV SD valid menarik dan efektif. Saran pemanfaatan modul yaitu manajemen kelas sebaiknya dikondisikan siswa laki-laki dan perempuan duduk berselingan supaya tidak gaduh. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu (1) menambahkan contoh bacaan dan contoh soal-soal berbasis PIRLS pada materi (2) menambah pertemuan pembelajaran sehingga menjadi lima pertemuan (masing-masing pertemuan 2x35 menit) dan (3) menggunakan musik yang lebih kontekstual dengan isi cerita.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63171

Actions (login required)

View Item View Item