Setiawan, Fausin Dadang (2016) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas II SDN Arjowinangun 1 Kota Malang / Fausin Dadang Seitiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan FausinDadang. 2016. PeningkatanKeterampilanMenulisNarasidenganMenggunakan Model Picture And Picture padaSiswaKelas II SDN Arjowinangun 1 Kota Malang. Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. MuhanaGipayana M.Pd (2) Drs. Sjafruddin A. R S.Pd M.Pd. Kata Kunci KeterampilanMenulis MenulisNarasi ModelPicture and picture Keterampilanberbahasamenulismerupakan proses dalammenuangkanpikiran ide gagasandanperasaandenganmenggunakanbahasasecaratertulis. Menulisbertujuanjugasebagai media penyampaianpesankepada orang lain. Berdasarkanhasilobservasiditemukanbeberapapermasalahanantara lain siswamasihbingungharusmenulisapa siswamasihkesulitandalammenyusunkalimat dansiswamasihkurangmenguasaipenggunaanejaandantandabaca. Hasilwawancaradengan guru kelasditemukanbeberapapermasalahanantara lainsiswabingungapa yang harusditulis siswakurangmampumenuliskalimatdanmenyusunkalimatdalamsebuahkarangandenganbaik kurangnyapenguasaansiswaterhadappenggunaanejaandantandabaca model pembelajaran yang digunakan guru kurangberagam.Tujuanpenelitianiniyaitu (1) mendeskripsikanpenggunaan model pembelajaranpicture and picture untukmeningkatkanketerampilanmenulisnarasisiswa di SDN Arjowinangun 1 kota Malang (2) mendeskripsikanhasilkemampuanmenulisnarasisetelahditerapkannya model pembelajaranpicture and picture di SDN Arjowinangun 1 kota Malang. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) danpengumpulan data menggunakanobservasi wawancara tes studidokumentasi. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas II SDN Arjowinangun 1 kota Malang yang berjumlah 34 siswa. Penelitianinidilakukanpada semester II tahunpelajaran 2015/2016. Data yang diperolehdianalisissecaradeskriptifkualitatitifdandeskriptifkuantitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaan model picture and picturedapatmeningkatkanketerampilanmenulisnarasisiswakelas II SDN Arjowinangun 1 kota Malang. Rata-rata kemampuanawalsiswayaitu 63 8. Setelahdilaksanakansiklus 1 nilairata-rata kemampuansiswamenjadi 72 4 aspektokohnilai rata-rata 3 65 aspekpengungkapansetting tempatdanwaktu 2 74 aspekalurcerita 2 71 aspekkesesuaianpenulisanejaan 2 71 danaspekkerapian rata-rata 2 68 denganprosentasekeberhasilan 73 5%. Sedangkanpadasiklus II mencapainilai rata-rata 79 5 aspektokohnilai rata-rata 2 88 aspekpengungkapansetting tempatdanwaktu 2 65 aspekalurcerita 2 62 aspekkesesuaianpenulisanejaan 2 74 danaspekkerapian rata-rata 2 68 denganprosentasekeberhasilan 79 4%. Saran ditujukanuntuksiswa guru danpeneliti. (1) bagisiswa agar dapatmeningkatkanketerampilannyadalammenulisnarasi (2) bagi guru dapatmemperkayavariasi model pembelajaran. (3) bagipenelitidapatdijadikanpengalamandalammelakukanpenelitiantindakankelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6317 |
Actions (login required)
View Item |