Makhdum, Muhammad (2017) Literasi sains dan hasil belajar IPA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada siswa SMP Negeri 2 Tambakboyo Tuban / Muhammad Makhdum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Makhdum Muhammad. 2017. Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Siswa SMP Negeri 2 Tambakboyo Tuban. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Markus Diantoro M.Si Kata Kunci literasi sains hasil belajar pembelajaran berbasis masalah Pembelajaran IPA memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan literasi sains dan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran berbasis masalah siswa dapat memperkaya pengalaman belajarnya dalam mengenali lingkungan sekitar sehingga dapat mengembangkan literasi sains dan hasil belajar. Selama ini penelitian tentang literasi sains dan hasil belajar siswa cenderung bersifat kuantitatif dan klasikal sehingga peru dilakukan penelitian yang lebih dalam untuk mengetahui pola distribusi indikator literasi sains dan kategori yang dicapai pada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana literasi sains dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain mixed-methods model triangulasi dengan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tambakboyo pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Data pada variabel literasi sains diperoleh melalui tes awal tes akhir dan angket siswa sedangkan data variabel hasil belajar diperoleh melalui tes awal tes akhir dan kuis hasil belajar pada setiap pertemuan. Karakteristik pembelajaran berbasis masalah adalah memfasilitasi siswa untuk menemukan masalah melakukan investigasi menganalisis data dan berdiskusi untuk memecahkan masalah yang ditemukan kemudian mempresentasikan hasil diskusinya kemudian mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan (1) persentase rata-rata ketercapaian literasi sains siswa meningkat secara signifikan (p 0 05) dari tes awal (34%) ke tes akhir (52%) dengan effect size sebesar 2 53 (sangat besar) dan N-gain sebesar 0 374 (sedang) distribusi indikator literasi sains pada setiap siswa dan siswa yang mencapai literasi sains pada kategori cukup dan baik mengalami peningkatan (2) Hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dari tes awal (46 37) ke tes akhir (68 14) dengan effect size yang tinggi (3 87) dengan N-gain sebesar 0 41 (sedang) siswa yang mencapai hasil belajar pada kategori cukup dan baik mengalami peningkatan. Meskipun menunjukkan peningkatan signifikan akan tetapi literasi sains siswa secara umum masih rendah terutama pada indikator menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil belajar siswa secara umum juga masih rendah terutama pada ranah kognitif C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Disarankan ada penelitian lanjutan yang dapat mengoptimalkan pembelajaran berbasis masalah untuk menjawab permasalahan tersebut atau mengukur literasi sains pada indikator yang lain dan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor. ABSTRACT Makhdum Muhammad. 2017. Scientific Literacy and Science Learning Outcomes Through Problem-Based Learning (PBL) at SMPN 2 Tambakboyo Tuban. Thesis Primary Education Major in Science Post Graduate State University of Malang. Advisor (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Markus Diantoro M.Si Keywords scientific literacy learning outcomes problem-based learning Learning science has a very important in developing science literacy and students learning outcomes. Through problem-based learning students can enrich their learning experience in recognizing the surrounding environment so as to develop science literacy and learning outcomes. So far research on science literacy and students learning outcomes tends to be quantitative and classical so research is needed to find out the distribution patterns of science literacy indicators and categories achieved in each student. This study aims to measure how science literacy and science learning outcomes through problem based learning. This research uses mixed-methods model triangulation design with quantitative and qualitative data. Research subjects consisted of 35 students of class VII-C SMP Negeri 2 Tambakboyo in second semester of academic year 2016/2017. The data on the science literacy variables was obtained through the pre-test the post-test and the student questionnaire while the learning result variable data was obtained through the pre-test the post-test and the quiz of learning outcomes at each meeting. Characteristics of problem-based learning is to facilitate students to find problems conduct investigations analyze data and discuss to solve problems that are found and then present the results of the discussion then evaluate the problem-solving process. The conclusions of the study show that problem-based learning is effective to achieve the expected objectives (1) the average percentage of achievement of students science literacy increased significantly (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |