Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahanan masalah IPA siswa SMP yang dibelajarkan dengan integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran SWH (Science Writing Heuristic) / Agi Asmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahanan masalah IPA siswa SMP yang dibelajarkan dengan integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran SWH (Science Writing Heuristic) / Agi Asmita

Asmita, Agi (2017) Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahanan masalah IPA siswa SMP yang dibelajarkan dengan integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran SWH (Science Writing Heuristic) / Agi Asmita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmita Agi. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP yang Dibelajarkan dengan Integrasi Penilaian Formatif dalam Pembelajaran SWH (Science Writing Heuristic). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah integrasi penilaian formatif SWH (Science Writing Heuristic). Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan yang mendasari pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis penyelidikan. Menguasai konsep ekologi berperan dalam menumbuhkan nilai kecintaan terhadap lingkungan namun ekologi juga menjadi salah satu konsep yang sulit dipahami dan diajarkan. Siswa SMP menunjukkan penguasaan konsep yang rendah bahkan terindikasi mengalami miskonsepsi pada beberapa konsep tentang ekologi. SWH sebagai salah satu pembelajaran berbasis penyelidikan tidak hanya memberikan rangkaian kegiatan penyelidikan tetapi juga pengalaman dan struktur kegiatan berbasis menulis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu upaya yang mendukung pencapaian tujuan adalah mengintegrasikan penilaian formatif dalam langkah-langkah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang dibelajarkan dengan integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran SWH pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Mixed Methods dengan jenis embedded experimental model. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa soal tes penguasaan konsep dalam bentuk pilihan ganda soal tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian lembar observasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. Data kualitatif penelitian ini dianalisis melalui reduksi triangulasi pengkodean dan interpretasi data. Data kuantitatif skor pre-test dan post-test dianalisis dengan menentukan statistik deskriptif uji prasyarat N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP mengalami peningkatan pada level sedang. Beberapa siswa masih kurang menguasai konsep lingkungan dengan baik namun telah mampu menjelaskan peristiwa aliran energi yang terjadi dalam suatu rantai makanan. Tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa mampu mencapai level 5 dengan sebagian besar siswa berada pada tingkat kemampuan pemecahan masalah level 3. Berdasarkan kelebihan dan kendala dalam penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat mengintegrasikan penilaian formatif dalam pembelajaran dan bagi peneliti lain untuk dapat turut melatihkan kemampuan multi representasi dalam pembelajaran ini sehingga siswa mampu mencapai level tertinggi tingkat kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 02:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63159

Actions (login required)

View Item View Item