Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme pada subtema komponen ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar / Beatrix Anu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme pada subtema komponen ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar / Beatrix Anu

Anu, Beatrix (2017) Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme pada subtema komponen ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar / Beatrix Anu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anu Beatrix. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Konstruktivisme Pada Subtema Komponen Ekosistem untuk Siswa Kelas V SD. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dr. Furaidah M.A Kata Kunci Modul Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara tematik. Pembelajaran tematik yang dilaksanakan membutuhkan sumber belajar berupa bahan ajar tematik yang membantu guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme pada subtema komponen ekosistem untuk siswa kelas V yang valid menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg dan Gall. Model pengembangan Borg dan Gall memiliki 10 tahapan yang terdiri atas tahap studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk awal uji validasi ahli revisi uji coba kelompok kecil revisi uji coba kelompok besar penyempurnaan produk ahkir dan diseminasi. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap penyempurnaan produk akhir. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memberikan hasil 89 6% validasi ahli bahasa memberikan hasil77 5% dan ahli desain memberikan hasil 88%. Rata-rata hasil validasi ahli adalah 85%. Berdasarkan hasil tersebut modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli. Selanjutnya uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 91 4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik memenuhi kategori sangat menarik. Tingkat keefektifan modul pembelajaran tematik diperoleh melalui uji coba kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar melalui angket respon guru modul pembelajaran tematik dinyatakan efektif dengan perolehan skor 81% dan melalui angket respon siswa dinyatakan efektif dengan skor sebesar 84%. Modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme juga dinyatakan efektif melalui hasil post-test. Dalam post-test siswa memperoleh rata-rata 83. Berdasarkan hasil validasi ahli uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar dan hasil post-test siswa maka modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme yang dikembangkan ini valid menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran tematik berbasis konstruktivisme ini dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran tematik. Modul ini disusun sebagai bahan ajar pendamping atau penunjang bahan ajar utama. ABSTRACT Anu Beatrix. 2017. The Development of Constructivism-Based Thematic Learning Module on Ecosystem Component Subthemes for Grade V Elementary School Students. Thesis. Basic education. Graduate Program of State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dr. Furaidah M.A Keywords Module Thematic Learning Primary School The curriculum 2013 proclaimed by the government requires thematic learning. The thematic learning that is carried out requires learning resources in the form of teaching thematic materials that help teachers and students in learning. This research is a research and development. The purpose of this research and development is to produce constructivist thematic learning modules on ecosystem component subthemes for valid attractive and effective Grade V students used in learning. The development method used in this research is Borg and Gall development model. Borg and Gall development model has 10 stages consisting of preliminary study stage planning initial product development expert validation test revision small group trial revision large group trial product improvement and dissemination. This research is done until the final product completion stage. The result of validation done by the material expert gave the result of 89.6% the validation of the linguist gave 77.5% result and the design expert gave the result of 88%. Average expert validation results are 85%. Based on the result the thematic learning module based on constructivism developed is valid by the expert. Furthermore small group trial obtained 91.4%. These results indicate that the thematic learning modules meet the categories are very interesting. The effectiveness of thematic learning modules is obtained through large group trials. In large group trial through questionnaire teacher response of thematic learning module is effective with the score of 81% and through student response questionnaire effective with score of 84%. Constructivism-based thematic learning modules are also declared effective through post-test results. In the post-test the students obtain an average of 83. Based on the results of expert validation small group trials large group trials and post-test results of students this constructivist construct-based learning module developed is valid interesting and effective for use in learning. Suggestion in this research is constructivist thematic learning module that can be used by teacher in thematic learning. This module is prepared as a companion teaching material or supporting the main teaching materials.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63156

Actions (login required)

View Item View Item