Pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso / Rizka Novi Irmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso / Rizka Novi Irmaningrum

Irmaningrum, Rizka Novi (2017) Pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso / Rizka Novi Irmaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irmaningrum Rizka Novi. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Berbantuan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN Dabasah 3 Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. (2) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika M. A. M.Si. Kata Kunci metode bermain peran media video motivasi belajar hasil belajar kognitif. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik tetapi guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan siswa kurang termotivasi serta kurang fokus pada proses pembelajaran sehingga beberapa hasil belajar siswa kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non Equivalent Control Grup. Populasi dalam penenlitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli dan empiris serta dicari reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-Test namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap motivasi belajar siswa (2) ada pengaruh metode bermain peran berbantuan media video terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka diberikan saran-saran sebagai berikut (1) pemanfaatan yaitu a) bagi siswa b) bagi guru c) bagi sekolah d) bagi peneliti (2) penelitian lanjutan untuk bahan masukan dan acuhan untuk peneliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63155

Actions (login required)

View Item View Item