Nurdianasari, Nindya (2017) Penerapan Model pembelejaran quiz-quiz-trade dan fan-pick untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPS di SDN Polehan 1 Malang / Nindya Nurdianasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurdianasari Nindya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Quiz-Quiz-Trade dan Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Muatan IPS di SDN Polehan 1 Malang. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M. Ed. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata Kunci quiz-quiz-trade fan-n-pick keterampilan sosial hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Polehan 1 Malang menunjukkan rendahnya keterampilan sosial siswa yang ditunjukkan dengan kurangnya kerja sama antar siswa dalam memecahkan permasalahan belum adanya ketegasan dan kepercayaan diri dalam diri siswa untuk mengemukakan pendapatnya serta rasa empati antar siswa masih rendah. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah yang ditunjukkan dengan adanya hasil UTS siswa pada muatan IPS yang menunjukkan bahwa Sebanyak 31 58% siswa tuntas belajar (di atas KKM) sedangkan 68 42% siswa belum tuntas belajar (di bawah KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPS di SDN Polehan 1 Malang melalui penerapan model pembelajaran Quiz-Quiz-Trade dan Fan-N-Pick. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Polehan I Malang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi tes angket (kuesioner) wawancara dan dokumen. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru terdapat peningkatan sebesar 3 85% yakni dari 81 40% pada siklus I meningkat menjadi 85 25% pada siklus II. Hasil observasi keterampilan sosial juga menunjukkan adanya peningkatan yakni nilai rata-rata keterampilan sosial siswa secara klasikal meningkat dari 79 52 di siklus I menjadi 88 24 di siklus II. Hasil angket keterampilan sosial siswa secara klasikal juga meningkat dari 75 83% pada siklus I menjadi 80 45% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 31 57% pada prasiklus menjadi 55 26% pada siklus I kemudian meningkat kembali menjadi 81 57% pada siklus II. Peningkatan tersebut didukung dengan pernyataan siswa melalui hasil wawancara kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa merasa senang belajar dengan menggunakan kartu soal melalui model pembelajaran Quiz-Quiz-Trade dan Fan-N-Pick. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quiz-Quiz-Trade dan Fan-N-Pick dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif IPS siswa. Saran yang dapat diajukan yaitu guru-guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Quiz-Quiz-Trade dan Fan-N-Pick dalam proses pembelajaran IPS di sekolah. Selain itu bagi peneliti lain hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai acuan penelitian sejenis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63153 |
Actions (login required)
View Item |