Analisis kesesuaian buku guru tema V kelas V dengan tuntunan kurikulum 2013 / Syarifah Farida Noer Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian buku guru tema V kelas V dengan tuntunan kurikulum 2013 / Syarifah Farida Noer Aini

Aini, Syarifah Farida Noer (2016) Analisis kesesuaian buku guru tema V kelas V dengan tuntunan kurikulum 2013 / Syarifah Farida Noer Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noer Aini Syarifah Farida. 2016. Analisis Kesesuaian Buku Guru Kelas V Tema V dengan Tuntutan Kurikulum 2013. Skripsi Prodi S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Analisis Buku Guru Kelas V Tema V Tuntutan Kurikulum 2013 Pada pelaksanaan kurikulum 2013 ini Pemerintah telah menyediakan buku guru sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Buku guru memuat rambu-rambu mengenai langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. Buku guru Kelas V tema V merupakan buku terbitan Kemendikbud. Berdasarkan hasil wawancara tertulis kepada enam guru kelas V SD Negeri di gugus III Kecamatan Blimbing Kota Malang menunjukkan tingkat analisis guru akan kesesuaian buku guru kelas V dengan tuntutan Kurikulum 2013 masih rendah padahal analisis tersebut penting dilakukan. Selain itu pada analisis awal yang dilakukan oleh peneliti tentang kesesuaian kompetensi dasar dengan subtema dalam buku guru kelas V tema V ditemukan beberapa kompetensi dasar yang tidak sesuai dengan subtema dalam buku guru kelas V tema V. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis awal oleh peneliti sehingga perlu adanya analisis lebih lanjut terhadap buku guru kelas V tema V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penelitian content analysis atau kajian isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku guru kelas V tema V yang terdiri dari 3 subtema. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian antara subtema dengan tema kompetensi dasar dengan subtema indikator dengan kompetensi dasar tujuan pembelajaran dengan indikator rangkuman materi dengan indikator rangkuman materi dengan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengkomunikasikan. Hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut.(1)seluruh subtema sudah sesuai dengan tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia (2)sebanyak 19 kompetensi dasar tidak sesuai dengan subtema (3)sebanyak 8 butir indikator tidak sesuai dengan kompetensi dasar (4)sebanyak 68 tujuan pembelajaran tidak terdapat degree (5)sebanyak 11 rangkuman materi tidak sesuai dengan indicator (6)sebanyak 4 rangkuman materi tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran (7)sebanyak 28 langkah pembelajaran dalam buku guru kelas V tema V yang tidak sesuai dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan beberapa ketidaksesuaian dalam buku guru kelas V tema V oleh karena itu disarankan guru sebaiknya menelaah terlebih dahulu isi buku guru yang akan digunakan. Bagi penulis buku sebaiknya memperhatikan kembali isi buku guru mengenai kesesuaian isi buku dengan tuntutan kurikulum yang berlaku serta disarankan bagi penulis lain untuk mengembangkan penelitian mengenai kelayakan penyajian kelayakan bahasa dan kelayakan grafik dalam buku guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6315

Actions (login required)

View Item View Item