Jumadi (2017) Perbedaaan penggunaan media gambar terhadap minat dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Blabak I Kabupaten Kediri tahun 2016/2017 / Jumadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jumadi 2017. Perbedaan Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blabak I Kabupaten Kediri. Tesis. Jurusan Pendidikan dasar program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata kunci gambar minat belajar siswa hasil belajar kelas V IPS. Media pengajaran sangat diperlukan agar pembelajaran geografi tidak monoton tidak membosankan. Gambar Kenampakan Alam dan Buatan merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa memahami pelajaran geografi. Permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SD Blabak Kabupaten Kediri.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perbedaan yang signifikan pada minta belajar dan hasil belajar siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan gambar dan mereka yang diajar dengan metode konvensional. Untuk mendapatkan semua hal tersebut Quasi-eksperimen dipakai untuk mendesign penelitian ini. Subjek yang diteliti dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas V SDN Blabak 1 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal tes dan 20 pernyataan angket. Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan gambar mendapatkan hasil belajar lebih baik jika dibandingkan dengan diajar dengan metode konvensional. Hal ini didukung dengan nilai t dari analisis data yaitu 4.537 di taraf signifikansi .000 (two-tailed). Disisi lain siswa yang diajar dengan menggunakan gambar juga memiliki minat belajar yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai t dari analisis data yaitu 2.313 di taraf signifikansi .024 (one-tailed). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengindikasikan pentingnya media gambar dalam belajar IPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa t tes dapat menolak hipotesis noll karena nilai p (signifikansi) nya ada ditaraf signifikansi 1% sehingga hipotesis null (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Untuk guru disarankan menggunakan media gambar dalam mengajar IPS karena media gambar terbukti dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. ABSTRACT Jumadi 2017. The Influence of Picture Media on Interest and Learning Result of IPS in Grade V Elementary School Student Blabak I Kediri Regency. Thesis. Department of Primary Education Postgraduate Program of State University of Malang Advisors (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Keywords drawing interest in student learning learning outcomes class V IPS. Teaching media is needed so that learning geography is not monotonous not boring. Images of Natural and Artificial Appearance is one of the learning media that can be used to facilitate students to understand the lesson of geography. The problems that will be revealed in this research is how the Differences of the Use of Image Media on Interest and Student Learning Outcomes in the Subject of Social Geography IPS in SDN Blabak 1 Kediri. The aim of this research was to investigate the significant differences in the demand for learning and student learning outcomes between students who are taught by using drawings and those taught by conventional methods. To get all of these things Quasi-experiment was used to design this research. Subjects of this study were 36 students of grade V SDN Blabak 1 Kediri. The instruments used in this study consisted of 20 questions and 20 items of questionnaire. From the results of data analysis shows that students who are taught using drawings get better learning outcomes when compared with students who are taught by using conventional methods. This is supported by the t value of the data analysis of 4 537 at the level of significance of (two-tailed). On the other hand students who are taught using pictures also have high learning interest. This is proved by the t value of the data analysis that is 2.313 at the level of significance .024 (one-tailed). The results obtained from this study indicate the importance of image media in IPS learning. Thus it can be concluded that t test can reject the noll hypothesis because the p value (significance) is at the level of significance of 1% so the hypothesis null (Ho) stating that there is no significant difference between the use of image media on IPS learning results rejected and alternative hypothesis (Ha) be accepted. For teachers are advised to use the image media in teaching IPS because the media images proved to increase interest in learning and student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63148 |
Actions (login required)
View Item |