Penerapan model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran untuk meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V MI Islamiyah Soso Kabupaten Blitas / Moh Adibul Akrom

Akrom, Moh Adibul (2017) Penerapan model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran untuk meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V MI Islamiyah Soso Kabupaten Blitas / Moh Adibul Akrom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akrom, Moh Adibul. 2017. Penerapan Model Think Pair Share dengan Strategi Pemetaan Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Membaca Puisi Siswa Kelas V MI Islamiyah Soso Kabupaten Blitar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd (II) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd Kata kunci: think pair share, peta pikiran, menulis puisi, membaca puisi Hasil observasi dan refleksi di kelas V MI Islamiyah Soso Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa keterampilan menulis dan membaca puisi siswa rendah. Rendahnya keterampilan siswa terjadi karena pembelajaran menulis puisi dilakukan dengan cara membayangkan topik; pembelajaran membaca puisi dilakukan dengan pemberian contoh lalu siswa langsung tampil membaca; sumber belajar berupa buku teks; dan interaksi antara siswa justru berkaitan dengan hal di luar pembelajaran. Pembelajaran tersebut kurang memperhatikan tahapan proses kreatif menulis dan membaca puisi, sehingga menyebabkan rendahnya keterampilan menulis dan membaca puisi siswa. Solusi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni melalui penerapan Model Think Pair Share dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis dan membaca puisi melalui model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran, dan (2) mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa melalui model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti sebagai pelaksana dibantu guru kelas sebagai mitra penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Soso sejumlah 14 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mereduksi data, menyajikan data, dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Penerapan model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran meningkatkan proses pembelajaran menulis dan membaca puisi. Siswa aktif dan kreatif dalam kegiatan menulis dan membaca puisi. Pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap yakni pra menulis, menulis, dan pasca menulis. Pada tahap pra menulis siswa membuat rancangan peta pikiran sesuai topik/ gambar yang disukai, menyatukan peta pikiran dengan pasangan, menyampaikan peta pikiran, lalu menempel di mading. Pada tahap menulis siswa mengubah peta pikiran menjadi rancangan puisi, merevisi dan mengedit bersama pasangan, lalu menempel puisi di mading. Pada tahap pasca menulis siswa memberikan tanda pembacaan pada puisi, saling berlatih membaca dengan pasangan, lalu membaca puisi di muka kelas. Siswa menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, kerjasama dengan pasangan, aktif dalam diskusi, dan berani menyampaikan ide/hasil di depan umum. Kendala yang muncul seperti ketidaksesuaian topik/gambar dengan keinginan siswa, ketidakcocokan siswa dengan pasangan, dan jumlah siswa yang tiba-tiba ganjil diatasi dengan cara mendaftar topik berpuisi siswa lebih dahulu, memasangkan siswa sesuai jenis kelamin atau lawan jenis yang bukan pemalu, dan memasangkan siswa dengan guru atau ada kelompok yang beranggotakan 3 siswa apabila jumlah siswa tiba-tiba ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa. Nilai rata-rata menulis puisi Siklus 1 sebesar 63 (kurang) meningkat menjadi 80,4 (baik) pada Siklus 2 dan meningkat lagi menjadi 88 (baik) pada Siklus 3. Hasil puisi siswa menunjukkan bahwa siswa telah mampu menulis puisi dengan judul menarik, tema yang sesuai, beberapa diksi khusus, citraan yang beragam, perbandingan yang tepat, rima vokal yang tertata, jumlah larik yang cukup, dan tipografi yang menarik. Keterampilan membaca puisi siswa juga meningkat. Nilai rata-rata membaca puisi Siklus 1 sebesar 73,6 (cukup), meningkat menjadi 86,3 (baik) pada Siklus 2 dan meningkat lagi menjadi 87 (baik) pada Siklus 3. Siswa telah mampu membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran dapat meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan simpulan penelitian disarankan kepada guru SD untuk menerapkan model think pair share dengan strategi pemetaan pikiran pada pembelajaran menulis dan membaca puisi. Hal-hal yang perlu diperhatikan guru yakni: (1) memfasilitasi siswa berpuisi sesuai topik yang disukai, (2) menerapkan model think pair share jika jumlah awal siswa genap, (3) dalam memasangkan siswa lebih baik sesama jenis kelamin, dan (4) mempersiapkan contoh bacaan puisi yang banyak untuk siswa agar menambah kosa kata khusus dan mengetahui contoh bentuk-bentuk rima. Kepada peneliti selajutnya disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk penelitian dengan kasus yang serupa serta disarankan untuk menerapkan model think pair share dan strategi pemetaan pikiran pada kompetensi atau materi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63147

Actions (login required)

View Item View Item