Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping pada siswa kelas V SDN Ngunut 3 Kabupaten Tulunggagung/ Anang Nur Ikhtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping pada siswa kelas V SDN Ngunut 3 Kabupaten Tulunggagung/ Anang Nur Ikhtiar

Ikhtiar, Anang Nur (2017) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping pada siswa kelas V SDN Ngunut 3 Kabupaten Tulunggagung/ Anang Nur Ikhtiar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ikhtiar Anang Nur. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pemanfaatan Objek Langsung dan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Ngunut 3 Kabupaten Tulungagung. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (2) Dr. Muakibatul Hasanah M. Pd. Kata Kunci menulis deskripsi objek langsung metode mind mapping. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas V SDN Ngunut 3 Kabupaten Tulungagung didapatkan beberapa permasalahan yang terkait dengan guru dan siswa. Permasalahan yang terkait dengan guru adalah (1) tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi (2) belum menerapkan tahapan menulis karangan dengan benar (3) belum memberikan bimbingan pada siswa yang kesulitan menulis karangan dan (4) belum menerapkan proses pembelajaran yang aktif. Selain itu permasalahan yang terkait dengan siswa adalah (1) nilai karangan deskripsi masih rendah (2) keaktifan dalam menulis karangan masih rendah (3) banyak yang merasa kesulitan dalam menulis karangan dan (4) kesulitan dalam mengembangkan ide menyusun karangan dengan struktur yang bagus pilihan kata yang tepat dan kesatuan kalimat. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka upaya yang dirasa tepat untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis deskripsi adalah dengan menerapkan media objek langsung dan metode mind mapping. Diharapkan melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping akan dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kemampuan siswa menulis deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis deskripsi melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil menulis deskripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi (Kemmis dan Taggart 1988). Peneliti sebagai pelaksana dibantu guru kelas V sebagai mitra penelitian yang bertugas mengisi lembar observasi membantu merencanakan kegiatan pembelajaran dan memberikan saran terkait proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngunut 3 sejumlah 31 siswa. Pengumpulan data proses diperoleh dengan teknik wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Pengumpulan data hasil diperoleh dengan teknik tes menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan metode mind mapping melalui pemanfaatan objek langsung pada pembelajaran menulis deskripsi dilaksanakan dalam lima tahap yaitu mengamati objek langsung menyusun mind mapping mengembangkan kata kunci menjadi kalimat revisi dan menulis karangan utuh. Pada tahap mengamati objek langsung guru menugasi siswa mengamati objek langsung. Siswa mengamati objek dengan teliti dan cermat. Pada tahap menyusun mind mapping guru menugasi siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk mind mapping. Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk mind mapping secara runtut dan jelas. Pada tahap mengembangkan kata kunci siswa mengembangkan kata kunci dengan memperhatikan ejaan dan pilihan kata yang tepat. Guru membimbing siswa dalam mengembangkan kata kunci dengan benar. Pada tahap revisi siswa melakukan revisi atas kesalahan yang ditemukan. Guru membimbing siswa dalam melakukan revisi. Pada tahap menulis karangan utuh siswa menuliskan kalimat-kalimat hasil revisi dalam bentuk karangan utuh. Guru membimbing siswa dalam menyusun karangan yang padu. Hasil penelitian yang didapat adalah penerapan metode mind mapping melalui pemanfaatan objek langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis deskripsi. Nilai rata-rata karangan deskripsi siswa juga mengalami peningkatan. Pada Siklus 1 nilai rata-rata yang didapat adalah 77. Pada Siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 84. Siswa sudah dapat menulis deskripsi dengan tulisan yang rapi pilihan kata yang sesuai ejaan dan tanda baca yang tepat kesatuan kalimat dan kesesuaian isi. Kriteria keberhasilan pelaksanaan tindakan mendapat predikat baik. Berdasarkan paparan proses dan hasil yang telah diuraikan simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui pemanfaatan objek langsung dan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan deskripsi. Disarankan kepada guru SD untuk memanfaatkan objek langsung dan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan memperhatikan (1) pengawasan bimbingan dan penjelasan yang jelas mengenai hal-hal yang perlu diamati (2) bimbingan yang jelas dari guru dalam menerapkan semua tahapan menulis (3) penjelasan untuk menguatkan pemahaman siswa mengenai konsep karangan deskripsi yang benar dan (4) menyusun rencana pembelajaran yang matang dengan memadukan media objek langsung dan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan tepat. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan penerapan media objek langsung dan metode mind mapping untuk berbagai jenis kegiatan menulis. ABSTRACT Ikhtiar Anang Nur. 2017. Writing Skills Enhancement on Writing Description Through the Utilization of Direct Objects and Mind Mapping Method on V Graders of SDN Ngunut 3 of Tulungagung Regency. Thesis Basic Education Studies Program of Indonesian Concentration Postgraduate of State University of Malang. Counselor (1) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (2) Dr. Muakibatul Hasanah M. Pd. Keywords write description direct object mind mapping method. Based on the preliminary study conducted in class V SDN Ngunut 3 of Tulungagung Regency there were some problems related to teachers and students. The problems associated with the teacher are (1) not using appropriate media in writing lesson writing (2) not yet applying the writing stages correctly (3) not giving guidance to students who have difficulty writing essay and (4) not applying Active learning process. In addition the problems associated with the students are (1) the description of the description is still low (2) the activity in writing the essay is still low (3) many who find it difficult to write the essay and (4) difficulties in developing the idea Good structure proper word choice and unity of sentences. Based on the problems found the appropriate effort to improve the skills of students writing descriptions is to apply the direct object media and mind mapping method. It is expected that through the use of direct objects and mind mapping methods will be able to create an effective learning process and improve students ability to write descriptions. This study aims to (1) describe the process of learning to write a description through direct object utilization and mind mapping method and (2) to describe the improvement of writing result description. This research uses qualitative approach with research type of Class Action Research (PTK). This study consists of 2 cycles each cycle is carried out by stages (1) planning (2) implementation (3) observation and (4) reflection (Kemmis and Taggart 1988). Researcher as executor assisted by class V teacher as research partner in charge of filling observation sheet help plan learning activity and give suggestion related to learning process. The subjects of the study were the students of grade V SDN Ngunut 3 of 31 students. Data collection process obtained by interviewing techniques observation field notes and documentation. The data collection of the results obtained by the writing test technique essay description. Data analysis technique is descriptive qualitative which include data reduction data presentation and conclusion. The application of mind mapping method through direct object utilization in learning to write description is carried out in five stages observing the direct object preparing the mind mapping developing the keywords into sentences revising and writing the whole essay. At the stage of observing the object directly the teacher assigns students to observe the object directly. Students observe the object carefully and carefully. At the stage of preparing the mind mapping teachers assign students to write the observations in the form of mind mapping. Students write the results of observations in the form of mind mapping in a coherent and clear. At the stage of developing keywords students develop keywords by paying attention to the correct spelling and word choice. Teachers guide students in developing keywords correctly. At the revision stage students revise the errors found. The teacher guides the students in making revisions. At the writing stage of the essay students write the revised sentences in the form of the whole essay. The teacher guides the students in crafting a composite essay. The result of this research is the application of mind mapping method through direct object utilization can improve students ability to write description. The average score of the student description also increased. In Cycle 1 the average value obtained is 77. In Cycle 2 the average value increases to 84. The student has been able to write a description with neat writing appropriate word choice exact spelling and punctuation unity of sentence and conformity Content. Criteria for successful implementation of the action gets a good predicate. Based on the exposure of the process and the results that have been described the conclusion of this research is the learning process through direct object utilization and mind mapping method can improve students writing skill description. It is suggested to primary school teachers to utilize the direct object and mind mapping method in learning to write the description by paying attention to (1) supervision guidance and clear explanation of things to be observed (2) clear guidance from teachers in applying all stages of writing (3) explanations to reinforce students understanding of the correct description concept and (4) develop a mature learning plan by combining direct object media and mind mapping methods in precisely writing the description descriptions. To the next researchers suggested that the results of this study can be used as a reference application of direct object media and mind mapping methods for various types of writing activities.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63146

Actions (login required)

View Item View Item