Pengembangan instrumen asesmen autentik di kelas IV sekolah dasar pada materi pecahan / Feni Tristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen autentik di kelas IV sekolah dasar pada materi pecahan / Feni Tristanti

Tristanti, Feni (2017) Pengembangan instrumen asesmen autentik di kelas IV sekolah dasar pada materi pecahan / Feni Tristanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tristanti Feni. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik di Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A dan (II) Dr. Muhana Gipayana M. Pd Kata Kunci instrumen asesmen portofolio pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar Asesmen merupakan aspek penting dalam pembelajaran. Hasil asesmen dapat menentukan kegiatan pembelajaran selanjutnya dalam upaya membimbing dan membina siswa untuk memperoleh pengetahuan. Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menggunakan instrumen asesmen yang mampu mengaktifkan 3 ranah pengetahuan yaitu ranah afektif kognitif dan psikomotor. Salah satu jenis asesmen autentik adalah portofolio. Portofolio merupakan asesmen terhadap kumpulan hasil kerja siswa yang mampu memberikan guru informasi secara kongkrit tentang perkembangan pemahaman dan kemampuan siswa kendala belajar yang dialami siswa dan cara mengatasinya. Penggunaan asesmen autentik khususnya asesmen portofolio dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa buku panduan asesmen dan insrumen asesmen autentik portofolio pada pemecahan masalah matematika sesuai tahapan Polya pada materi pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Plomp dengan tahapan (1) Investiggasi Awal (2) Desain (3) Konstruksi (4) Tes Evaluasi dan Revisi dan (5) Implementasi. Subjek coba dalam penelitin ini yaitu ahli asesmen ahli materi matematika dan praktisi yaitu guru kelas IV sekolah dasar. Data penelitian berupa data hasil validasi ahli asesmen ahli materi matematika dan data hasil ujicoba pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas instrumen asesmen dari ahli materi sangat valid dengan perolehan persentase sebesar 85 7%. Hasil validasi dari ahli asesmen mendapat skor 77% untuk instrumen asesmen dan 80 8% untuk buku panduan dengan kriteria valid juga menunjukkan tingkat sangat valid dengan perolehan persentase nilai 90%. Dari segi kepraktisan dan keefektifan instrumen asesmen portofolio ini praktis dan efektif dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 83% dan 82%. Secara keseluruhan Instrumen asesmen portofolio pemecahan masalah matematika ini layak dan dapat digunakan untuk mendata hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi pecahan. Deseminasi produk dapat dilakukan melalui kegiatan KKG dan kegitan Gugus untuk penelitian lebih lanjut diharapkan melakukan uji reliabilitas dan mengembangkan produk instrumen asesmen autentik pada materi lain di kelas IV agar pendataan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan secara komperhensif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63144

Actions (login required)

View Item View Item