Peningkatan kreativitas menulis narasi melalui penerapan kooperatif model rally coach berbantuan media gambar untuk siswa kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar / Agustin Wiji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas menulis narasi melalui penerapan kooperatif model rally coach berbantuan media gambar untuk siswa kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar / Agustin Wiji Lestari

Lestari, Agustin Wiji (2017) Peningkatan kreativitas menulis narasi melalui penerapan kooperatif model rally coach berbantuan media gambar untuk siswa kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar / Agustin Wiji Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Agustin Wiji. 2017. Peningkatan Kreativitas Menulis Narasi melalui Penerapan Kooperatif Model Rally Coach Berbantuan Media Gambar untuk Siswa Kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar . Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci menulis narasi Rally Coach media gambar Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Jatinom 01 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain (1) siswa belum memiliki kemampuan menulis narasi secara memadai (2) pembelajaran menulis narasi dilakukan secara konvensional tanpa mempertimbangkan petunjuk tahapan menulis narasi (3) siswa kesulitan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif misalnya belum memunculkan penyusunan alur lengkap. Akibatnya hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan pembelajaran kooperatif model Rally Coach dengan berbantuan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil kreativitas menulis narasi siswa kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatinom 01 Kabupaten Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki- laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi wawancara dokumentasi tes kuisioner dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran Rally Coach berbantuan media gambar oleh guru pada siklus I menunjukkan kualifikasi baik dan meningkat ke siklus II berkualifikasi baik sekali (2) keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori berhasil pada siklus I menunjukkan kualifikasi baik meningkat pada siklus II berkualifikasi baik sekali (3) kreativitas menulis narasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) guru menggunakan model Rally Coach dan berbantuan media gambar untuk pembelajaran menulis karangan narasi supaya siswa lebih mudah dalam menuangkan ide kreatifnya dan sesuai tahapan menulis narasi (2) bagi guru penerapan model Rally Coach berbantuan media gambar pada menulis narasi dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran kreativitas menulis narasi (3) bagi guru media pembelajaran perlu dipertimbangkan dan disesuaikan dengan materi pembelajaran (4) guru dan orang tua bahwa kemampuan membaca dan menulis tidak bisa dipisahkan karena kemampuan tersebut sebagai prasyarat menulis narasi (5) kepada para peneliti berikutnya kiranya dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi siswa yang kurang lancar membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63143

Actions (login required)

View Item View Item