Rahayu, Ratih Agustina (2017) Pelaksanaan pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Bulu Kecamatan Purwosari Kabupaten Kediri / Ratih Agustina Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Ratih Agustina. 2017. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Bulu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata kunci pendidikan karakter sekolah dasar kediri. Salah satu masalah krusial yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah krisis nilai karakter. Untuk menyelesaikan masalah tersebut pendidikan perlu dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menanamkan karakter bangsa pada siswa. Salah satu sekolah dasar di wilayah Kediri yang telah menerapkan pendidikan karakter dengan baik yaitu SDN Bulu. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa SDN Bulu telah membuat beberapa kebijakan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Bulu Kediri yang berfokus pada tujuan strategi program bahan ajar evaluasi dan karakter siswa SDN Bulu yang tampak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan yaitu observasi perilaku personil sekolah pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler serta observasi situasi dan kondisi di SDN Bulu. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah guru staf atau karyawan pembimbing ekstrakurikuler dan siswa. Dokumen yang dianalisis yaitu visi dan misi SDN Bulu silabus dan RPP foto pelaksanaan pendidikan karakter bahan ajar serta catatan guru. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh keterangan bahwa (1) rumusan tujuan pendidikan karakter dijadikan dasar dalam membuat kebijakan untuk mendukung pengembangan karakter pada siswa (2) strategi pendidikan karakter yang diterapkan yaitu kegiatan rutin kegiatan spontan keteladanan kedisiplinan dan pengkondisian lingkungan (3) program pendukung pendidikan karakter yaitu gerakan literasi sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler (4) bahan ajar digunakan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran (5) evaluasi karakter digunakan untuk melihat dan mengendalikan sikap siswa serta menyelesaikan permasalahan siswa yang berhubungan dengan perilaku negatif (6) dari beberapa kebijakan yang telah dibuat SDN Bulu terdapat 16 karakter yang tampak pada siswa selama berada di lingkungan sekolah. Upaya pelakasanaan pendidikan karakter yang dilakukan SDN Bulu adalah merumuskan tujuan membuat strategi program bahan ajar dan mengevaluasi sikap siswa. Sekolah hendaknya membentuk tim khusus membuat program tambahan serta memaksimalkan evaluasi sikap siswa dengan kebijakan baru sehingga pelaksanaan pendidikan karakter lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63140 |
Actions (login required)
View Item |