Pengaruh penggunaan media audio dan audio visual dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas IV SDN Buring Malang / Friska Dwi Yusantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media audio dan audio visual dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas IV SDN Buring Malang / Friska Dwi Yusantika

Yusantika, Friska Dwi (2017) Pengaruh penggunaan media audio dan audio visual dalam pembelajaran terhadap kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas IV SDN Buring Malang / Friska Dwi Yusantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusantika Friska .D. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio dan Audio Visual dalam Pembelajaran terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat pada Siswa Kelas IV di SDN Buring Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd (II) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Media Audio Media Audio Visual Gaya Kognitif Kemampuan Menyimak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa penggunaan dan pemanfaatan media audio dan audio visual dapat mempengaruhi kemampuan menyimak cerita rakyat pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Proses kemampuan menyerap informasi diperngaruhi oleh kemampuan berfikir siswa yang disebut gaya kognitif. Gaya kognitif field independent dan field dependent diduga memiliki potensi pengaruh kemampuan menyimak siswa melalui penggunaan media audio dan audio visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment).Penelitian ini menggunakan perhitungan uji-t (independent sample test) dengan bantuan SPSS 20 for windows. Penelitian ini menggunakan tiga variabel media audio dan audio visual sebagai variabel bebas gaya kognitif sebagai variabel mediasi dan kemampuan menyimak sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Buring Malang yang berjumlah 78 siswa.Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi dengan rincian IVA 39 siswa sebagai kelas audio dan IVB 39 siswa sebagai kelas audio visual. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui gaya kognitif siswa dan tes subjektif untuk mengetahui kemampuan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh media audio terhadap kemampuan menyimak cerita rakyat dengan perolehan t hitung -15 339 dengan signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63138

Actions (login required)

View Item View Item