Penerepan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa SD kelas rendah / Muh. Inayah A.M. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerepan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa SD kelas rendah / Muh. Inayah A.M.

Inayah A.M., Muh. (2017) Penerepan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa SD kelas rendah / Muh. Inayah A.M. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A.M. Muh. Inayah. 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Flanel Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD Kelas Rendah. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. Kata Kunci pendekatan kontekstual berbantuan flanel bergambar keterampilan menyimak siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa kelas rendah yaitu siswa kelas III SDN Tunjungsekar 1 Malang melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar yang melibatkan tujuh komponen utama yaitu (1) konstruktivisme (2) bertanya (3) menemukan (4) masyarakat belajar (5) pemodelan (6) refleksi dan (7) penilaian sebenarnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SDN Tunjungsekar 1 Malang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil keterampilan menyimak dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa tes keterampilan menyimak siswa tiap pertemuan dan wawancara. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan awal dilakukan kegiatan apersepsi penyampaian tujuan pembelajaran dan pembentukan kelompok. Pada kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media flanel bergambar dan LKK. Penggunaan media untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak siwa. Setelah siswa menyelesaikan hasil simakan dan LKK setiap kelompok melakukan presentasi kelas dan tanggapan dari kelompok lain. Pada kegiatan akhir mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman refleksi dan tes akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan flanel bergambar dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Berdasarkan hasil analisis tes keterampilan menyimak tiap pertemuan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 53 13% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 90 62%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63137

Actions (login required)

View Item View Item