Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN 99 Suppa Sulawesi Selatan / Muspratiwi Pertiwi MR - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN 99 Suppa Sulawesi Selatan / Muspratiwi Pertiwi MR

Pertiwi M.R., Muspratiwi (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN 99 Suppa Sulawesi Selatan / Muspratiwi Pertiwi MR. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK MR Muspratiwi Pertiwi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPA SDN 99 Suppa Sulawesi Selatan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata Kunci kemampuan berpikir kritis inkuiri terbimbing carousel feedback Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terbentuk dari berbagai kumpulan pengetahuan sistemati dan terstruktur didasarkan oleh fakta. Karakteristik materi IPA di Sekolah menekankan pada proses pembelajaran dengan pemberian pengalaman langsung melalui serangkaian proses ilmiah. Kecenderungan pembelajaran IPA pada prosesnya belum sepenuhnya mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa. Siswa seharusnya diberi kesempatan untuk belajar secara mandiri melalui proses menemukan konsep layaknya seorang ilmuan. Proses tersebut dapat membantu siswa dalam membangun pengetahuan yang bermakna bukan hanya sekedar hafalan karena diperoleh secara mandiri. Pembelajaran berbasis inkuiri dengan perpaduan model pembelajaran kooperatif type Carousel Feedback menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi permasalahan pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas V dimana kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016-2017. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument dalam bentuk tes tertulis menggunakan soal essay yang valid memiliki nilai reabilitas 0 927 dengan kriteria sangat tinggi memiliki tingkat kesukaran yang seimbang (proporsional) serta instrument yang memiliki nilai daya beda yang baik. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah perlakuan dianalisis menggunakan uji-t dan effect size. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa setelah perlakuan dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikan a 0 05 untuk mengetahui perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji effect size digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan secara signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback dan siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan nilai signifikansi 0 029 0 05. (2) Model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback memiliki pengaruh yang sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai d Cohen 0 773 dengan kriteria efek sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback berpengaruh dengan kriteria efek sedang terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63136

Actions (login required)

View Item View Item