Pengembangan bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas III Sekolah Dasar / Novia Sulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas III Sekolah Dasar / Novia Sulandari

Sulandari, Novia (2017) Pengembangan bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas III Sekolah Dasar / Novia Sulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulandari Novia. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Teks Dongeng secara Interaktif Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci bahan ajar membaca teks dongeng kearifan lokal Bahan ajar merupakan salah satu sumber belajar yang sering digunakan oleh guru. Pada pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 jumlah bahan ajar berupa buku siswa yang didistribusikan ke sekolah tidak sesuai dengan jumlah siswa. Hal lain yang menjadi masalah dalam Buku Siswa Kelas III hanya terdapat satu judul dongeng padahal siswa membutuhkan jumlah teks dongeng yang lebih banyak. Judul dan isi teks dongeng dalam Buku Siswa Kelas III tidak mencerminkan kearifan lokal sehingga dibutuhkan bahan ajar pendukung yang relevan dengan kearifan lokal Malang. Bahan ajar yang relevan dengan kearifan lokal Malang dapat menguatkan pertumbuhan dan perkembangan karakter siswa yang tinggal di Malang Raya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pengembangan mengenai bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal Malang. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa purwarupa bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal masyarakat Malang yang valid komunikatif runtut dan menarik untuk siswa kelas III sekolah dasar (2) mengujicobakan keefektifan purwarupa bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal masyarakat Malang untuk siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan Model 4D (Thiagarajan Semmel dan Semmel 1974) yang dipadukan dengan desain pembelajaran Model Kemp (Harjanto 2010). Tahap yang dilalui meliputi pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Uji coba yang dilakukan meliputi uji validasi ahli respon praktisi uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data numeral dan data verbal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket pedoman wawancara dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif kuantitatif angket validasi produk dan statistik parametrik keefektifan produk. Produk yang dihasilkan yaitu bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal Malang yang dikemas dalam bentuk CD (compact disk) Interaktif. Teks dongeng yang disajikan dalam bahan ajar ini berbasis kearifan lokal Malang. Kearifan lokal Malang yang dipilih yaitu nilai kehidupan pribadi nilai ketuhanan dan nilai sosial. Nilai-nilai yang diajarkan berasal dari kearifan lokal Malang yang berwujud Candi Jago Candi Kidal Festival Malang Kembali Petik Laut Sendang Biru Peringatan Malam 1 Suro. Bahan ajar teks dongeng mengacu pada Kompetensi Dasar tentang teks dongeng yang berada di Kelas III SD. Isi dari bahan ajar menyesuaikan dengan tahapan membaca yaitu prabaca saat baca pascabaca. Dalam penggunaannya bahan ajar membutuhkan LCD Projector untuk menampilkan bahan ajar secara maksimal di dalam kelas. Bahan ajar ini dilengkapi dengan pedoman penggunaan bahan ajar yang disajikan terpisah dengan CD Interaktif. Pedoman penggunaan bahan ajar terdiri atas identitas produk identitas pembelajaran petunjuk penggunaan bahan ajar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pedoman penilaian kunci jawaban evaluasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil validasi produk bahan ajar menunjukkan bahwa persentase aspek isi sebesar 86 5% (sangat valid) aspek bahasa sebesar 81 25% (komunikatif) aspek sistematika penyajian sebesar 90 9% (sangat runtut) dan aspek tampilan sebesar 69 6% (cukup menarik). Walaupun tidak semua aspek disarankan untuk direvisi namun semua aspek tetap direvisi sesuai saran perbaikan. Saran perbaikan yang disampaikan oleh validator dan respon guru meliputi (1) penambahan narasi lisan (2) pilihan kata (3) letak tombol navigasi (4) tata ulang penyajian sumber materi (5) ukuran huruf (6) variasi ilustrasi gambar yang ditampilkan dan (7) variasi ilustrasi musik. Hasil uji keefektifan produk bahan ajar membaca teks dongeng menunjukkan bahwa produk bahan ajar efektif digunakan untuk pembelajaran membaca teks dongeng di Kelas III SD karena t hitung lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikansi 0 05 (3 87 1 684). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan pertama bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal Malang valid komunikatif runtut dan menarik setelah melalui revisi. Kedua berdasarkan uji coba lapang produk bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal Malang efektif dalam pembelajaran membaca teks dongeng di Kelas III SD. Saran yang diberikan pada penelitian pengembangan meliputi saran pemanfaatan saran penyebaran dan saran pengembangan produk lebih lanjut. Saran pemanfaatan bahan ajar membaca teks dongeng secara interaktif berbasis kearifan lokal Malang bahan ajar dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran dongeng pada siswa kelas III SD. Saran penyebaran CD Interaktif ini hanya dapat disebarkan pada area lokal Malang karena bahan ajar teks dongeng yang diambil adalah teks dongeng yang berbasis kearifan lokal Malang. Namun tidak menutup kemungkinan jika bahan ajar disebarkan di luar Malang untuk memperkaya wawasan siswa tentang kearifan lokal di berbagai daerah. Saran pengembangan produk lebih lanjut yaitu pengembangan dapat lebih terfokus pada pemilihan teks dongeng yang digunakan. Bahan ajar ini dapat dikembangkan dengan menggunakan teks lain yang dapat diterapkan dengan bahan ajar membaca. Jadi struktur bahan ajar membaca tetap digunakan akan tetapi pada teks bacaan yang berbeda dengan memperhatikan perkembangan bahasa siswa agar mereka dapat menikmati teks yang disajikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63135

Actions (login required)

View Item View Item