Penerapan modul mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Karangsono / Tita Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan modul mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Karangsono / Tita Nur Azizah

Azizah, Tita Nur (2017) Penerapan modul mind mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Karangsono / Tita Nur Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Tita Nur. 2017. Penerapan Model Mind Mapping Berbasis Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Karangsono. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M. Si (II) Prof. Dr. Moh. Zainuddin M. Pd. Kata kunci model Mind Mapping Pendekatan SAVI Aktivitas Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas IV SDN Karangsono Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran metode pembelajaran yang konvensional sehingga menyebabkan siswa cenderung pasif serta siswa hanya membaca menghafalkan materi IPS yang cukup luas untuk menjawab soal yang diberikan guru. Ditinjau pula dari hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS masih tergolong rendah dan belum mencapai KKM yang ditetapkan. Kurangnya partisipasi siswa secara aktif dalam pembelajaran dianggap sebagai salah satu faktor rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Penyelesaian masalah tersebut yaitu memberikan pembelajaran secara bermakna dengan membangun sendiri pengetahuan siswa serta memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami materi melalui penerapan model Mind Mapping berbasis Pendekatan SAVI. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran melalui model Mind Mapping berbasis pendekatan SAVI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Karangsono Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan tiga pertemuan pada masing-masing siklus. Pelaksanaan penelitian di SDN Karangsono Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan subjek penelitian 20 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data diperoleh melalui rekap hasil observasi tes evaluasi belajar siswa hasil wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping Berbasis Pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Karangsono. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kriteria cukup aktif dengan persentase 65% siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada kriteria sangat aktif dengan persentase 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 14 siswa (70%) tuntas belajar siklus II meningkat menjadi 18 siswa (85%) tuntas belajar. Guru disarankan merancang pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif melalui penggunaan aplikasi serta guru sebaiknya menuangkan kreatifitas dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63134

Actions (login required)

View Item View Item