Wati, Asni (2017) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SMP / Asni Wati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asni Wati. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Jurnal Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Jurnal Belajar berpikir kritis Penguasaan Konsep Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep merupakan kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran IPA. Inkuiri terbimbing menjadi solusi yang efektif untuk pembelajaran IPA di sekolah karena pembelajaran inkuiri terbimbing melibatkan siswa secara aktif dalam setiap proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami kesulitan dalam mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal belajar merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mampu mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII beberapa SMP di Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Kepenuhan di mana siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan uji ankova setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji ankova kemampuan berpikir kritis diperoleh F hitung sebesar 11 882 dengan p 0 001 lebih kecil dari 945 0 05. Disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Tidak ada perbedaan penguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal ini terlihat dari hasil uji ankova penguasaan konsep IPA siswa yang diketahui F hitung 1 294 dengan p 0 261 yang lebih besar dari 945 0 05. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan jurnal belajar diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA karena pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan penulisan jurnal belajar sebaiknya memperhatikan hal berikut kemampuan awal siswa membimbing siswa dalam menulis jurnal belajar dan mengembalikan jurnal belajar kepada siswa setelah dinilai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63133 |
Actions (login required)
View Item |