Pengaruh mind map dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 17 Kendari / Irma Lismayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mind map dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 17 Kendari / Irma Lismayani

Lismayani, Irma (2017) Pengaruh mind map dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 17 Kendari / Irma Lismayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lismayani Irma. 2017. Pengaruh Mind Map dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 17 Kendari. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Mind Map Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan Pemecahan Masalah Kemampuan berpikir kritis menjadi modal dasar bagi penyelidikan penemuan dan pemecahan masalah. Kemampuan ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Siswa yang dilatihkan kegiatan pemecahan masalah secara tidak langsung dilatih kemampuan berpikir kritisnya untuk menemukan solusi dari permasalahan. Guru memiliki peran dalam memfasilitasi siswa agar memiliki kedua kemampuan tersebut salah satunya melalui pemilihan model pembelajaran. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh mind map dalam problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas VII SMPN 17 Kendari Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan berupa Silabus RPP dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sedangkan instrumen pengumpulan data berupa 15 butir soal essay dengan realibilitas 0 76 untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran (LOKP) yang telah divalidasi oleh dua dosen ahli. Data diperoleh melalui pretes dan postes. Analisis keadaan awal siswa menggunakan uji-t sedangkan uji hipotesis menggunkan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh mind map dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase kenaikan skor rata-rata pretes-postes kemampuan berpikir kritis 82 62% dan kemampuan pemecahan masalah 65 73% pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 52 96% dan 45 42%. Beberapa Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama bagi guru dapat menerapkan mind map dalam kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir siswa melalui optimalisasi kerja otak kanan dan otak kiri. Selain itu mind map dapat dipadukan dengan model pembelajaran berbasis konstruktivistis untuk semakin mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kedua bagi siswa mind map dapat digunakan sebagai cara pencatatan visual yang efektif menarik dan menyenangkan dalam mengolah dan menyimpan informasi. Mind map juga dapat diterapkan siswa sebagai pola berpikir ketika menemukan permasalahan dalam kehidupan. Ketiga bagi sekolah menjadi informasi yang dapat disampaikan kepada guru-guru terkait model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Keempat bagi peneliti lain dapat mengeksplor dan melihat keefektivan mind map dalam model Problem Based Learning (PBL) untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi lainnya seperti kreativitas atau mempergunakan model tersebut pada materi yang berbeda seperti sistem-sistem dalam kehidupan manusia yang menarik untuk dikaji. Kelima bagi peneliti lain juga sebaiknya menggunakan dua soal yang berbeda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa namun kedua soal tersebut harus memuat konsep yang sama atau terkait. ABSTRACT Lismayani Irma. 2017. The Effect of Mind Map in Problem Based Learning (PBL) on Critical Thinking Ability and Problem-Solving Ability of Seventh Graders of Junior High School 17 Kendari. Thesis. Study Program of Basic Education of Science Graduate School of Universitas Negeri Malang . Advisors (1) Dr. Parno M.Si. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Keywords Mind Map Problem Based Learning Critical Thinking Ability Problem Solving Ability The ability to think critically becomes the basic foundation for investigation discovery and problem solving. This ability is closely related to problem-solving abilities. Students who are trained in problem-solving activities indirectly they are also trained in their critical thinking skills to find solutions to their problems. Teachers have a role in facilitating students to have both abilities one of them through the selection of learning models. This study is focused on investigating the effect of the mind map in problem-based learning to improve the students critical thinking and problem-solving ability. This study was categorized as a quasi-experimental study. The population in the study were students of Seven Grade of Junior High School 17 Kendari in Academic Year 2016/2017. The sample used in this study were two classes. The instruments used consisted of treatment instruments and measuring instruments. The treatment instruments consisted of Sillabus Lesson Plans and Student Worksheet while data collection instruments consisted of 15 items of essays test with reliability of 0.76 to measure the students critical thinking ability and problem solving ability and Observation Sheet of Learning Activities have been validated by two expert lecturers. Data obtained through pretest and posttest. Analysis of the students first achievement using the t-test while hypothesis test using Manova test. The result showed that there was an effect of the mind map in Problem Based Learning (PBL) to the students critical thinking and problem-solving ability. Those could be seen from the percentage increase of pretest-postes average score in which critical thinking ability achieved 82 62% and problem solving ability achieved 65 73% in experiment class higher than control class that was 52 96% and 45 42%. Some suggestions that can be proposed based on the results of this study. First for the teachers they can apply mind map in the learning activities to train students thinking skills through optimization of the right and left brain. In addition a mind map can be combined with constructivist-based learning model to further optimize the ability of students critical thinking and problem-solving skills. Second for the students mind map can be used as a way of effective visual recording interesting and fun in processing and storing information. Mind map also can be applied by students as a pattern of thinking when finding problems in their life. Third for the school it can be informative that can be conveyed to the teachers related to the learning model and it can be used to improve critical thinking skills and problem-solving skills. Fourth for other researchers they can explore and investigate the effectiveness of mind map in Problem Based Learning (PBL) model and see other high-level thinking skills such as creativity or using the model on different materials such as systems in human life that are interesting to study. Fifth for other researchers also it is better to use two different questions to measure the students critical thinking skills and problem-solving abilities but both questions should contain the same or related concepts.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63130

Actions (login required)

View Item View Item