Pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep / Moh. Farid Nurul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep / Moh. Farid Nurul Anwar

Anwar, Moh. Farid Nurul (2017) Pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep / Moh. Farid Nurul Anwar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar Moh. Farid Nurul. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dr. Suharjo M.S. M.A Kata Kunci modul pembelajaran tematik terpadu kearifan lokal sekolah dasar Buku siswa yang dibuat oleh pemerintah kurang mendekatkan siswa dengan lingkungan tempat tinggal siswa. Hal ini ditemukan pada buku siswa tema Daerah Tempat Tinggalku subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV yang menceritakan lingkungan di daerah Bali. Kondisi ini tentunya abstrak bagi siswa yang ada di daerah lain seperti di Kabupaten Sumenep. Salah satu upaya untuk mendekatkan siswa terhadap lingkungan tempat tinggal siswa yaitu dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal tempat tinggal siswa ke dalam materi pembelajaran. Oleh karena itu modul pembelajaran yang berbasis kearifan lokal memiliki peran penting sebagai pelengkap kekeurangan buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik terpadu subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep yang memiliki kevalidan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg Gall dengan sedikit modifkasi terdiri dari 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) perencanaan 3) mengembangkan format produkawal 4) uji coba awal 5) revisi produk 6) uji coba kelompok kecil 7) revisi produk 8) uji coba lapangan 9) revisi produk akhir. Uji coba modul dilakukan sebanyak tiga tahapan yaitu 1) Uji validasi/uji coba awal yaitu untuk memperoleh data validitas modul 2) Uji kelompok kecil yaitu untuk memperoleh saran dan kritik terhadap modul oleh pengguna 3) Uji coba lapangan yaitu untuk memperoleh data efektivitas modul pembelajaran ketika diterapkan. Data hasil ketiga uji coba dianalisi menggunakan analisis kevalidan dan keefektifan. Hasil uji validasi ahli materi memperoleh persentase 76 30% dengan kriteria validitas cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase 92 74% dengan kriteria validitas sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli desain memperoleh persentase 82 80% dengan kriteria validitas cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase 82 90% dengan kriteria cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Hasil uji lapangan menunjukkan keefektifan modul dengan mengacu kepada nilai ketuntasan aspek sikap keterampilan dan pengetahuan berturut-turut 96 25 90 27 dan 89 54 dan masing-masing aspek memperoleh kriteria keefektifan sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik terpadu subtema lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV berbasis kearifan lokal Kabupaten Sumenep memiliki kevalidan dan keefektifan sehingga layak digunakan. ABSTRACT Anwar Moh. Farid Nurul. 2017. Development of Integrated Thematic Learning Module Based on Local Wisdom of Sumenep Regency on Class IV Subtheme of Lingkungan Tempat Tinggalku Thesis. Study Program of Primary Education Postgraduate of Malang State University. Advisor (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Dr. Suharjo M.S. M.A Keywords learning module integrated thematic local wisdom elementary school Student books made by the government do not bring students close to the student residence environment. This was found in the student book in the theme of Daerah Tempat Tinggalku subtheme 1 of Lingkungan Tempat Tinggalku which described about the environment in Bali. This condition was certainly abstract for students in other areas such as in Sumenep regency. Therefore the learning module has an important role as a complement to the shortage of student book. This study aims to produce an integrated thematic learning module based on local wisdom of Sumenep Regency on Class IV subtheme of Lingkungan Tempat Tinggalku which has a validity and effectiveness. The development model used was Borg Gall with little modification consisting of 1) need analysis 2) planning 3) develop preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) product revision 6) micro field testing 7) product revision 8) operational field testing 9) final product revision. The test of module was performed three stages 1) Validity / preliminary field testing was to obtain validity data of module 2) Micro field testing was to get suggestions and criticism of the module by the user 3) Operational field testing was to obtain data on the effectiveness of the learning module when it was applied. Data from all three tests was analyzed using analysis of validity and effectiveness. The validation test result of material expert obtained a percentage of 76.30% with valid enough criteria / usable but need small revision. The validation result of linguist obtained a percentage of 92.74% with very valid criteria or can be used without revision. The validation result of design expert obtained a percentage of 82.80% with valid criteria / usable but need small revision. Micro field testing result obtained a percentage of 82.90% with quite valid criteria or usable but need small revision. The field test results showed the comprehensiveness of affective psychomotor and cognitive aspect 96.25 90.27 and 89.54 respectively and each aspect of the effectiveness criteria was very effective or can be used without any revision. It can be concluded that the integrated thematic learning module based on local wisdom of Sumenep Regency class IV subtheme of Lingkungan Tempat Tinggalku had a validity and effectiveness thus it was feasible to be used.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63125

Actions (login required)

View Item View Item