Pengaruh dukungan orang tua, kompetensi pedagogik guru, dan motivasi belajar terhadap prstasi belajar IPS siswa / Deni Semuel Bulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan orang tua, kompetensi pedagogik guru, dan motivasi belajar terhadap prstasi belajar IPS siswa / Deni Semuel Bulan

Bulan, Deni Semuel (2017) Pengaruh dukungan orang tua, kompetensi pedagogik guru, dan motivasi belajar terhadap prstasi belajar IPS siswa / Deni Semuel Bulan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Deni Semuel Bulan. 2017. Pengaruh Dukungan Orang Tua Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa. Tesis. Program studi pendidikan dasar IPS pascasarjana universitas negeri malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D Kata Kunci Dukungan Orang Tua Kompetensi Pedagogik Guru Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Prestasi belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam belajar yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang dimungkinkan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ditetapkan sebagai variabel dalam penelitian ini untuk diteliti secara empiris dan sistematis serta dianalisis besaran tingkat pengaruhnya. Variabel-variabel yang ditentukan dalam penelitian ini diantaranya adalah dukungan orang tua kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pangaruh langsung dukungan orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa (2) pengaruh lansung kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS siswa (3) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa (4) pengaruh tidak langsung dukungan orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui motivasi belajar dan (5) pengaruh tidk langsung kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 169 siswa yang dipilih secara random sampling. Perolehan data menggunakan angket dan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis inferensial dan path analysis. Penggunaan analisis inferensial dalam penelitian ini untuk menguji tingkat validitas dan reliabilitas angket penelitian serta untuk uji asumsi klasik atau uji prasyarat yaitu uji normalitas multikolonieritas dan heteroskedastisitas. Sedangkan penggunaan path analysis untuk menguji tingkat pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) dukungan orang tua secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi atau sumbangsi efektifnya adalah sebesar 18 6%. (2) kompetensi pedagogik guru secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi atau sumbangsi efektifnya adalah sebesar 28%. (3) motivasi belajar secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi atau sumbangsi efektifnya adalah sebesar 55 4%. (4) dukungan orang tua secara tidaak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui motivasi belajar siswa dengan kontribusi atau sumbangsi efektifnya adalah sebesar 31 6%. (5) kompetensi pedagogik guru secara tidak langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui motivasi belajar dengan kontribusi sumbangsi efektifnya adalah sebesar 19 5%. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang diperoleh secara empiris dan sistematis melalui langkah-langkah yang metodologis dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara langsung berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Serta secara tidak langsung dukungan orang tua dan kompetensi pedagogik guru juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Dengan demikian dapat disarankan bagi orang tua dan guru agar secara intensif memberikan motivasi kepada siswa dalam belajar karena siswa yang termotivasi dalam belajar akan mencapai prestasi belajar yang tinggi. ABSTRACT Bulan Deni Semuel. 2017. The Effect of Parents Support Teachers Pedagogic Competence and Motivation to Learn on Students Learning Achievement of Social Studies. Thesis. Social Studies in basics Education. Pascasarjana. University State of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D Keywords Parents Support Teacher Pedagogic Competence Motivation To Learn Learning Achievement. Student achievement is one benchmark of success in learning which is affected by various internal factors and external factors. Factors that are possible affected on the student achievement defined as a variable in this study to be examined empirically and systematically and analyzed the magnitude of its effect. The variables specified in this study are parent support teacher pedagogic competence and students motivation to learn. This research aims is discover to whether there is (1) direct effect of parent support to student s learning achievement of social studies (2) direct effect of teacher pedagogic competence to student s learning achievement of social studies (3) direct effect of motivation to learn toward student s learning achievement of social studies 4) indirect effect of parent support to student learning achievement through motivation to learn and (5) indirect effect of teacher pedagogic competence to student learning achievement through motivation to learn. This type of research is ex post facto. The sample was 169 students selected by random sampling. Data were collected using a questionnaires and documents. Data were analyzed using a inferential analysis and path analysis. The use inferential analysis in this study to validity and reliability test of the research questionnaire as well test the classical assumption that is normality test multicolonierity and heteroscedasticity. While the use path analysis to the direct effect and indirect effect level test of independent variables to dependent variable. The results of the analysis showed that (1) parents support direct effect on the students learning achievement of social studies and the effective contribution is 18.6%. (2) teacher pedagogic competence direct effect on the student learning achievement of social studies and the effective contribution is 28%. (3) learning motivation direct to student s learning achievement of social studies and the effective contribution is 55 4%. (4) parents support indirect effect to student s learning achievement of social studies through student motivation to learn and the effective contribution is 31 6%. (5) teacher pedagogic competence indirect effect to student learning achievement social studies through motivation to learn and the effective contribution is 19 5%. Based on the results of research obtained empirically and systematically through the methodological manipulation in this study it can be concluded that parents support pedagogical competence of teachers and motivation to learn directly affect student achievement. And the parental support and pedagogic competence of teachers also indirect effect on the student achievement through learning motivation. Therefore can be suggested for parents and teachers to intensively provide motivation to students in learning because who are students motivated in learning will achieve high learning achievement.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63124

Actions (login required)

View Item View Item