Penerapan contextual teaching and learning berbantuan media CD pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo / Bahmid Bakar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan contextual teaching and learning berbantuan media CD pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo / Bahmid Bakar

Bakar, Bahmid (2017) Penerapan contextual teaching and learning berbantuan media CD pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo / Bahmid Bakar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bakar Bahmid. 2017. Penggunaan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media CD Pembelajaran untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Inpres Kapaleo. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. (II) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H Kata Kunci Kontekstual CD Pembelajaran Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS Sistem pendidikan di Indonesia harusnya sudah sampai pada proses belajar (learning). Oleh karena itu guru harus mendorong siswa untuk berproses. Berdasarkan hasil observasi awal di SD Inpres Kapaleo Halmahera Tengah ditemukan guru yang mengajar tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran dan media yang sesuai sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan hasil belajar tidak memenuhi KKM. Penyebabnya adalah guru masih kurang menguasai model-model pembelajaran dan kurangnya penguasaan guru terhadap teknologi informasi. Dalam penelitian ini dideskripsikan (1) bagaimanakah penerapan Contextual Teaching and Learning berbantuan media CD Pembelajaran dalam pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Kapaleo (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa pada penerapan CTL berbantuan media CD Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Kapaleo dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan CTL berbantuan CD Pembelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Kapaleo dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan serta guru yang mengajar di kelas IV. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil pengerjaan LKK tes latihan soal dan tes akhir siklus observasi aktivitas guru dan siswa hasil catatan lapangan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 79 4% sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 93 3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil tes akhir siklus I adalah 78 18 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63 64%. Rata-rata hasil tes akhir siklus II adalah 80 00 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86 36%. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa 100% siswa senang belajar materi IPS 90% siswa sangat senang belajar dengan menggunakan media CD Pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran CTL berbantuan media CD Pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SD Inpres Kapaleo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63118

Actions (login required)

View Item View Item