Pengembangan desain fisik kelas berbasis tema di kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bagus Cahyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain fisik kelas berbasis tema di kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bagus Cahyanto

Cahyanto, Bagus (2017) Pengembangan desain fisik kelas berbasis tema di kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang / Bagus Cahyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyanto Bagus. 2017. Pengembangan Desain Fisik Kelas Berbasis Tema Di Kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Sa dun Akbar M.Pd. (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M Pd. M.A. Keywords desain fisik kelas berbasis tema sekolah dasar. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya adalah kondisi lingkungan fisik kelas. Praktik di lapangan menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan fisik kelas sering kurang maksimal sehingga mengakibatkan kendala bagi siswa dan guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan buku panduan desain fisik kelas yang layak dari segi validitas kebahasaan dan kepraktisan serta (2) menghasilkan desain fisik ruang kelas yang memiliki tingkat kepraktisan dan keefektifan yang tinggi. Produk yang dikembangkan berbasis tema pembelajaran yang dipelajari di kelas. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi model Borg dan Gall (1986). Peneliti menempuh delapan langkah penelitian dalam pengembangan produk yang terdiri atas (1) studi pendahuluan dan identifikasi masalah (2) menetapkan rancangan penelitian (3) menyusun darft produk berupa panduan dan desain fisik kelas (4) melakukan uji validitas produk kepada ahli dan praktisi (5) melakukan revisi produk (6) mengujicobakan produk di lapangan (7) melakukan revisi produk berdasarkan hasil uji coba dan (8) melakukan desiminasi produk pada lokasi penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui angket wawancara observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitiaan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif untuk mengetahui kriteria produk dari hasil uji coba. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria layak dari aspek validitas kepaktisan dan keefektifan untuk diterapkan di sekolah dasar. Data hasil ujicoba menunjukkan bahwa desain fisik kelas mencapai rata-rata persentase 98 5% (ahli teknologi pembelajaran) buku panduan mencapai rata-rata 96% (ahli teknologi pembelajaran) 89% (ahli bahasa Indonesia) 95% (praktisi) dan uji coba siswa didapatkan rata-rata persentase kenaikan kenyamanan sebesar 16 5%. Berdasarkan hasil uji coba produk dilakukan revisi terhadap rancangan desain berkaitan dengan kelayakan isi dan komponen kelas revisi juga dilakukan pada buku panduan desain fisik kelas untuk guru pada kelengkapan materi kelayakan penyajian dan sumber rujukan. Produk yang telah direvisi dikaji secara teoritis berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Produk desain fisik kelas yang dikembangkan disarankan untuk dapat didesiminasikan secara lebih luas dan dikembangkan lebih lanjut guna menguji kefektifan produk sebagai alternatif desain fisik kelas di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63117

Actions (login required)

View Item View Item