Integrasi penilaian formatif dalam proses pembelajaran inkuiri berbasis argumen untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dan kemampuan berargumentasi siswa kelas VII Taman Dewasa Probolinggo semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Mahmuda Noviyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi penilaian formatif dalam proses pembelajaran inkuiri berbasis argumen untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dan kemampuan berargumentasi siswa kelas VII Taman Dewasa Probolinggo semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Mahmuda Noviyani

Noviyani, Mahmuda (2017) Integrasi penilaian formatif dalam proses pembelajaran inkuiri berbasis argumen untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dan kemampuan berargumentasi siswa kelas VII Taman Dewasa Probolinggo semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Mahmuda Noviyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviyani Mahmuda. 2017. Integrasi Penilaian Formatif dalam Proses Pembelajaran Inkuri Berbasis Argumen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA dan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VII Taman Dewasa Probolinggo Semester Genapl Tahun Ajaran 2016/2017 Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Prof. Dr. Arg. H. Mohamad Amin M.Si Kata Kunci pembelajaran inkuiri berbasis argumen penguasaan konsep kemampuan berargumentasi IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui penyelidikan. Melalui tahapan penyelidikan siswa mampu mengungkap fakta-fakta yang ada berdasarkan data yang diperoleh. Kemampuan siswa dalam mengungkapkan fakta yang ada menunjukkan kemampuan siswa dalam menguasai konsep dan kemampuan siswa dalam berargumentasi. Pembelajaran inkuiri berbasis argumen dapat mengembangkan kemampuan penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa khususnya padat tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan kemampuan berargumentasi siswa melalui pembelajaran inkuiri berbasis argumen. Penelitian ini menggunakan desain mixed-methods embedded experimental design dengan rancangan the one group pretest posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 39 siswa kelas VII A Taman Dewasa Kota Probolinggo pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian ini mencakup data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari pretes postes observasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian divalidasi oleh dua orang ahli dan hasil validasi menunjukkan instrumen valid untuk digunakan. Instrumen diuji cobakan secara empiris pada 80 siswa kelas VIII Taman Dewasa Kota Probolinggo. Hasil validasi empiris menunjukkan instrumen yang akan digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri berbasis argumen efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi siswa. Hasil analisis menunjukkan (1) skor rata-rata penguasaan konsep siswa siswa meningkat dari pretes (2 92) ke postes (7 12) dengan nilai N-Gain (0 59) dan d-effect size (3 53) (2) skor rata-rata kemampuan berargumentasi siswa meningkat pada tingkat level yaitu pada pretes (1 03) ke postes (2 10). Paparan hasil analisis data dapat digunakan dalam inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63116

Actions (login required)

View Item View Item