Penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktiovitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas IV SD Inpres Polder Merauke / Ratna Purwanty

Purwanty, Ratna (2017) Penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktiovitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS di kelas IV SD Inpres Polder Merauke / Ratna Purwanty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratna Purwanty. 2017.Penerapan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS di Kelas IV SD Inpres Polder. Kecamatan Merauke Kabupaten Merauke. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I)Prof. Dr. Sugeng Utaya, M. Si.(II)Prof. Dr.Muhana Gipayana, M. Pd. KataKunci: Hasil belajar, aktivitas, pembelajaran kontekstual, mind mapping Hasil observasi awal pada siswa kelas IV SD Inpres Polder ditemukan permasalahan mengenai proses pembelajaran IPS yaitu rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung ada siswa kurang memperhatikan penjelasan guru: mereka bermain sendiri, berbicara dengan teman sebangku. Siswa bersikap menyendiri sehingga interaksi dan kerja sama masih kurang. Siswa masih terlihat pasif ketika proses. pembelajaran berlangsung dikarenakan guru masih mendominasi pembelajaran Hal itu menunjukkan aktivitas dalam pembelajaran masih rendah. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual dapat diterapkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan keberlanjutan serta menggali potensi budaya yang dimiliki siswa dan dapat mengingatkan siswa tentang budaya dan hasil daerah yang dimilki sangat beragam . Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas IV SD Inpres Polder Merauke. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 3 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Polder Kecamatan Merauke Kabupaten Merauke, dengan subyek penelitian 23 siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data diperoleh bahwa penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas IV SD Inpres Polder Merauke, teknik mind mapping merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa pada saat proses pembelajaran dapat di lihat dari observasi, tes hasil belajar yang meningkat setelah menggunakan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukan: 1) penerapan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi pada siklus I mencapai rata-rata 66%, dengan kriteria baik dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi criteria sangat aktif dengan nilai rata-rata 82%; 2) penggunaan teknik mind mapping dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I menunjukan 10 siswa tuntas belajar sekitar 43%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa tuntas belajar sekitar 82%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63114

Actions (login required)

View Item View Item