Pengaruh authentic Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Marlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh authentic Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Marlina

Marlina (2017) Pengaruh authentic Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang / Marlina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marlina 2017. Pengaruh Authentic Problem Based Learning (aPBL) terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN Penanggungan Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci authentic problem based learning (aPBL) penguasaan konsep IPA Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan menguasai konsep IPA karena siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran proses pembelajaran yang masih bersifat informatif siswa belum diberi kesempatan untuk mengamati secara langsung (melaksanakan praktik/prosesnya) sehingga penguasaan konsep IPA siswa rendah. Penerapan Authentic Problem Based Learning (aPBL) diduga akan mempermudah siswa memahami konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aPBL terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental dengan rancangan posttest only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan aPBL dan siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penguasaan konsep. Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aPBL berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang. Rata-rata penguasaan konsep IPA siswa yang belajar dengan aPBL sebesar 70 31 dan penguasaan konsep IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 60 16. Perhitungan analisis penguasaan konsep IPA menunjukkan signifikan 0 004 0 05. Terlihat dari rata-rata penguasaan konsep IPA kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa aPBL berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN Penaggungan Malang. Besarnya pengaruh aPBL terhadap penguasaan konsep IPA siswa sebesar 0 807. Keberhasilan aPBL mempengaruhi penguasaan konsep IPA tidak terlepas dari adanya langkah-langkah pada pembelajaran aPBL yang membuat siswa lebih menguasai konsep yang dipelajari diantaranya melalui penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kejadian sehari-hari dan membuat flowchart. Berdasarkan hasil penelitian disarankan ketika pembuatan flowchart hendaknya meminta siswa menuliskan penjelasan setiap langkah dari penyelesaian masalah tersebut. Hal ini untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap suatu konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63113

Actions (login required)

View Item View Item