Pengaruh minat baca dan budaya baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SN An Nur Tumpang Kabupaten malang / Muslim AR - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca dan budaya baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SN An Nur Tumpang Kabupaten malang / Muslim AR

Muslim A.R. (2017) Pengaruh minat baca dan budaya baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SN An Nur Tumpang Kabupaten malang / Muslim AR. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslim AR. 2017. Pengaruh Mnat Baca dan Budaya Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD An Nur Tumpang Kabupaten Malang. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (2) Dr. Nuchasanah M.pd Kata kunci minat baca budaya baca dan prestasi belajar siswa. Minat baca dapat diartikan sebagai kecendrungan atau keinginan yang tinggi seseorang terhadap sumber bacaan. Budaya baca adalah suatu sikap dan tindakan untuk melakukan kegiatan membaca secara teratur dan berkelanjutan. Dengan adanya keinginan yang tinggi disertai tindakan untuk melakukan kegiatan membaca secara teratur dan berkelanjutan dapat menunjang siswa memperoleh prestasi belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan budaya baca terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini melibatkan dua variabel bebas yaitu minat baca dan budaya baca sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD An Nur Tumpang Kabupaten Malang sebanyak 33 orang siswa. Skor minat baca budaya baca dan prestasi dikumpulkan menggunakan teknik pemberian angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif antara minat baca terhadap prestasi belajar siswa sebesar 21 2% budaya baca terhadap prestasi belajar sebesar 76 6 % sedangkan pengaruh minat baca dan budaya baca terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai kontribusi yang diperoleh yaitu sebesar sebesar 76 6%. Berdasarkan hasis analisis dengan melihat kecendrungan skor yang diperoleh minat baca dan budaya baca siswa termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh minat baca minat baca membuat siswa menjadi tertarik melakukan kegiatan membaca yang akan menambah wawasan sehingga dapat meningkatknya prestasi belajarnya. Budaya baca juga memiliki peran yang sangat penting terhadap prestasi belajar siswa. Dengan budaya baca yang baik siswa mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang lebih baik sehingga dapat menunjang prestasi akademiknya. Meningkatkan minat baca dan menjadikan membaca sebagai budaya merupakan sebuah investasi jangka panjang yang dapat memudahkan siswa dalam proses belajar dan dapat menunjang siswa memperoleh prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63112

Actions (login required)

View Item View Item