Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV SDN Blimbing 01 / Firdaus Dyah Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV SDN Blimbing 01 / Firdaus Dyah Utami

Utami, Firdaus Dyah (2017) Pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV SDN Blimbing 01 / Firdaus Dyah Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Firdaus. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Sikap Ilmiah dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Blimbing 01.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M. A. M.Si. (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M. Pd. M. A. Kata Kunci model pembelajaran pemahaman konsep sikap ilmiah kemampuan pemecahan masalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep sikap ilmiah dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Model pembelajaran dapat membantu siswa memperoleh informasi gagasan keterampilan dan nilai. Model pembelajaran yang dikembangkan tentunya akan memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain non equivalent control grup design. Rancangan penelitian ini menggunakan model faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN Blimbing 01 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 76 orang. Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli dan empiris serta dicari reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Data dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan two way ANAVA namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (90 723 3 978) (2) ada pengaruh motivasi belajar pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (33 715 3 978) (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan hasil F-hitung yang lebih kecil dari F-tabel ( 3 978 2173) (4) ada pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (65 889 3 978) (5) ada pengaruh motivasi belajar terhadap sikap ilmiah siswa dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (28 837 3 978) (6) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap sikap ilmiah siswa dengan nilai F-hitung yang lebih kecil dari F-tabel ( 0 9583 978) (8) ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (30 880 3 978) (9) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil F-hitung yang lebih kecil dari F-tabel ( 2 848

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63110

Actions (login required)

View Item View Item