Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Purwakarta untuk kelas IV di SDN 8 Ciseureuh Kahuripan Pajajarn tema tempat tinggalku / Wina Nurfitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Purwakarta untuk kelas IV di SDN 8 Ciseureuh Kahuripan Pajajarn tema tempat tinggalku / Wina Nurfitriani

Nurfitriani, Wina (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kabupaten Purwakarta untuk kelas IV di SDN 8 Ciseureuh Kahuripan Pajajarn tema tempat tinggalku / Wina Nurfitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurfitriani Wina. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Purwakarta untuk Kelas IV SD Negeri 8 Ciseureuh Kahuripan Pajajaran Tema Tempat Tinggalkuu. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Sumarmi M.Pd. Pembimbing (II) Prof.Dr . Hariyono M.Pd.. Kata Kunci bahan ajar Pengembangan Kearifan Lokal Hasil studi pendahuluan di beberapa sekolah dasar di Kabupaten Purwakarta menunjukkan adanya beberapa masalah mengenai bahan ajar yang berdampak pada proses dan hasil pembelajaran. Permasalahan tersebut diantaranya adanya ketidaksesuaian antara materi dengan kompetensi dasar ketidaksesuaian antara materi dengan lingkungan siswa kurangnya pendalaman pendidikan karakter serta kurangnya kegiatan siswa yang memberikan pengalaman langsung sehingga pembelajaran menjadi pasif dan siswa mengalami kesulitan memahami isi materi. Oleh karena itu dikembangkanlah bahan ajar berbasis kearifan lokal. Pengintegrasian kearifan lokal pada bahan ajar bertujuan agar bahan ajar dapat memfasilitasi siswa menghubungkan pengetahuan dengan kehidupan nyata disertai penanaman nilai-nilai karakter kearifan lokal. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid menarik praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D (Thiagarajan dkk. 1974) dengan tahap define design develop dan disseminate. Tahap define yaitu tahapan untuk menetapkan dan mendefinisikan kebutuhan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan batasan materi. Tahap design yaitu tahapan dalam merancang produk dengan menyusun tes memilih media dan format bahan ajar Tahap ketiga yaitu develop adalah tahap mengembangkan produk yang dilakukan dengan penilaian ahli dan uji pengembangan produk. Tahap disseminate pada penelitian ini tidak dilaksanakan karena memerlukan waktu yang relatif panjang sedangkan penelitian ini memiliki batas waktu yang singkat. Bahan ajar ini berupa buku guru dan buku siswa yang divalidasi oleh ahli materi bahasa dan desain selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yang dikonversi ke dalam persen. Hasil analisis tersebut dicocokkan dengan kriteria kelayakan kemenarikan kepraktisan dan keefektifan serta dijadikan dasar untuk merevisi produk. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapat respon positif dari validator. Hal tersebut terbukti dengan perolehan skor 86.84%% untuk buku guru dan 87.90%% untuk buku siswa. Kedua skor tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Skor rata-rata hasil uji kemenarikan produk diperoleh dari angket respon siswa sebesar 91.66 % dan dari respon guru sebesar 95.14 %. Keduanya menunjukkan kriteria sangat menarik. Hasil uji kepraktisan produk diperoleh dari hasil observasi aktvitas guru (91.44 %) aktivitas belajar siswa (91.67 %) dan dari angket respon guru (89.06%) dan respon siswa (93.68%) yang menunjukkan kriteria sangat praktis. Terakhir hasil uji keefektifan produk diperoleh dari hasil belajar pretest- posttest. Skor rata-rata hasil pretest adalah 66.67 dan meningkat menjadi 81.50 pada posttest. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar berbasis kearifan lokal ini telah layak digunakan dalam pembelajaran. Saran pemanfaatan bagi guru yang akan menggunakan buku siswa berbasis kearifan lokal ini sebaiknya terlebih dahulu mempelajari buku guru sebagai pedoman bagi guru dalam menggunakan buku siswa. Saran diseminasi sebaiknya pengembangan bahan ajar ini dilakukan sampai pada tahap penyebaran (disseminate) di Sekolah Dasar yang terdapat wilayah Kabupaten Purwakarta. Saran pengembangan tindak lanjut dapat dikembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada sekolah lain di luar Kabupaten Purwakarta serta pada tema pembelajaran lainnya tidak hanya pada tema tempat tinggalku. Selain itu dapat dilibatkan pula peran siswa dalam menentukan topik dan menerapkan proses inquiri dan discoveri dalam proses penyusunan buku yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63109

Actions (login required)

View Item View Item