Pengembangan bahan ajar berbasis literasi tema makananku sehat dan bergizi bercirikan quantum teaching untuk kelas IV SD / Dwi Wahyuning Aisyah

Aisyah, Dwi Wahyuning (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis literasi tema makananku sehat dan bergizi bercirikan quantum teaching untuk kelas IV SD / Dwi Wahyuning Aisyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisyah, Dwi Wahyuning. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Tema Makanan Sehat dan Bergizi Bercirikan Quantum Teaching untuk Siswa Kelas IV SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Muhana Gipayana, M.Pd., dan pembimbing II Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A, M.Si. Kata kunci: Bahan Ajar, Berbasis Literasi, Bercirikan Quantum Teaching, Model Dick & Carey. Berdasarkan identifikasi tujuan umum pembelajaran dan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas IV,ditemukan permasalahan yang terjadi sebagai berikut: (1) teks bacaan dan pertanyaan yang disajikan belum optimal menstimulasi proses berpikir kritis, analitis, dan reflektif siswa, dan (2) pengalaman langsung dan penemuan dalam proses pembelajaran masih kurang sehingga kompetensi siswa belum tergali secara optimal. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar tematik yang berbasis literasi dan bercirikan Quantum Teaching. Pentingnya pengembangan bahan ajar berbasis literasi bercirikan Quantu Teaching ini adalah (1) literasi sebagai salah satu kompetensi pokok berdasarkan kerangka perubahan Kurikulum tahun 2017 harus diintegrasikan dalam pembelajaran yang efektif dilakukan melalui pengembangan bahan ajar , dan (2) kerangka perancangan TANDUR pada Quantum Teaching yang merupakan proses konstruktif dengan beragam aktivitas sesuai Kurikulum 2013 sehingga dapat dijadikan karakteristik dalam pengembangan bahan ajar. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suplemen bahan ajar berbasis literasi bercirikan Quantum Teaching tema ÔÇ£Makananku Sehat dan BergiziÔÇØ yang layak. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model Dick & Carey. Sesuai prosedur penelitian dan pengembangan, data prapengembangan yang dilakukan dalam tahap awal penelitian ini berupa: (1) hasil pengkajian teori, dan (2) hasil survey tentang kebiasaan membaca dan menulis siswa serta pemahaman siswa terhadap bacaan. Data yang sudah terkumpul pada tahap awal ini dianalisis dan hasilnya dijadikan dasar pengembangan bahan ajar. Data bahan ajar penelitian mencakup kelayakan yang memenuhi kriteria pada spek validitas dan kepraktisan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berupa buku siswa dan buku panduan guru berbasis literasi dan bercirikan Quantum Teaching pada tema Makananku Sehat dan Bergizi untuk kelas IV SD. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain sebelum diujicoba secara perorangan, kelompok kecil, dan lapangan. Berdasarkan hasil uji coba, bahan ajar berbasis literasi bercirikan Quantum Teaching ini dikategorikan sangat layak. Kelayakan produk ditinjau dari validitas dan kepraktisannya.Validitas produk buku siswa dan buku panduan guru berbasis literasi bercirikan Quantum Teaching ini termasuk pada kriteria sangat valid dengan perolehan persentase 87,25 %. Kepraktisan produk dinilai dari kemenarikan, keterbacaan, dan keunggulan basis literasi dan karakteristik Quantum Teaching. Pada uji coba lapangan, persentase kemenarikan menjadi 92% dan sudah mencapai kategori sangat menarik, persentase keterbacaan menjadi 88% dan masih termasuk kategori sangat mudah dibaca, dan persentase keunggulan basis literasi dan karakteristik menjadi 92% dan sudah mencapai kategori sangat baik. Produk bahan ajar ini memiliki keunggulan dan keterbatasan. Keunggulan produk bahan ajar ini adalah sebagai berikut: (a) produk buku siswa dapat digunakan sekaligus sebaga portofolio yang merekam aktivitas proses dan hasil belajar siswa, (b) produk buku panduan guru menyajikan langkah pembelajaran yang sistematis dan realistis, dan (c) variasi jenis teks dan pertanyaan pemahaman yang disajikan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis sehingga melatih siswa berpikir kritis, analitis, dan reflektif, serta membiasakan mengungkapkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Kelemahan produk bahan ajar ini adalah sebagai berikut: (a) meskipun siswa dapat melakukan berbagai aktivitas yang disajikan secara mandiri, produk buku siswa akan lebih optimal penggunaanya dengan didampingi oleh guru atau orang tua melalui buku panduan guru, dan (b) produk yang dikembangkan hanya pada tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi kelas IV Semester II. Kelemahan produk bahan ajar ini menjadi dasar untuk penulis merekomendasikan saran. Produk bahan ajar berbasis literasi dan bercirikan Quantum Teaching yang telah teruji kelayakannya ini dapat digunakan secara mandiri namun lebih optimal atas pendampingan guru atau orang tua. Peroduk ini juga dapat ditindaklanjuti dengan menguji keefektivannya melalui penelitian tindakan atau eksperimen oleh evaluator independen serta dapat dimanfaatkan lebih optimal dengan dijadikan suplemen bagi buku yang sudah adadan memanfaatkan sumber daya lingkungan secara maksimal. Sebagai saran pengembangan, produk bahan ajar ini dapat dikembangkan lebih lanjut denan pemilihan tema, sub tema, jenjang kelas, atau jenis teks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63107

Actions (login required)

View Item View Item