Pengaruh penggunaan metode guided inquiry dan gaya berpikir terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Syifa Budi Solo / Heri Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode guided inquiry dan gaya berpikir terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Syifa Budi Solo / Heri Susanto

Susanto, Heri (2017) Pengaruh penggunaan metode guided inquiry dan gaya berpikir terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Al-Azhar Syifa Budi Solo / Heri Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Heri. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Guided Inquiry dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Siswa SD Al - Azhar Syifa Budi Solo. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci metode guided inquiry gaya berpikir hasil belajar Penerapan Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar (SD) menuntut adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Adanya perubahan tersebut diharapkan hasil belajar peserta didik dapat meningkat secara signifikan. Kenyataan yang terjadi sebagian guru masih menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan teacher centered (ekspositori) dan mengangap peserta didik sebagai objek pembelajaran bukan sebagai subjek pembelajaran sehingga pembelajaran cenderung memberikan penjelasan yang mengakibatkan hasil belajarnya kurang memuaskan. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry. Selain itu gaya berpikir yang merupakan salah satu karakteristik peserta didik masih jarang diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan metode guided inquiry dengan kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ekspositori (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir konvergen dengan kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir divergen dan (3) interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian peserta didik kelas V SD Al Azhar Syifa Budi Solo tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 105 siswa yang terbagi ke dalam 4 kelas. Pemilihan sampel penelitian dilakukan secara kelompok/kelas dengan cara diundi yang menghasilkan kelas V Anas (25 siswa) sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakukan menggunakan metode guided inquiry dan kelas V jabir (25 siswa) sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan metode ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk membedakan gaya berpikir dan tes hasil belajar yang diberikan setelah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varian (ANAVA) dua jalur 2x2 dengan bantuan program IBM SPSS 24 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan metode guided inquiry dengan kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan metode ekspositori (2) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir konvergen dengan kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir divergen (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil statistik diskriptif menunjukkan skor rata-rata kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan metode guided inquiry (90 5) lebih tinggi daripada kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan metode ekspositori (84 4) dan skor rata-rata kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir konvergen (89 46) lebih rendah dari kelompok peserta didik yang memiliki gaya berpikir divergen (91 68). Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut disarankan guru dapat menggunakan metode guided inquiry dan memperhatikan gaya berpikir dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. ABSTRACT Susanto Heri. 2017. Effects of The Use of Guided Inquiry Method and Thinking Style on Student s Learning Outcomes of Elementary School AL Azhar Syifa Budi Solo Students. Thesis Study Program of Elementary School Post Graduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof.Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd Keywords guided inquiry method thinking style learning outcomes Application of the 2013 curriculum in Elementary School level is required for changes on learning process. The changes are expected that the learning outcomes by the learners can improve significantly. In fact some teachers still use learning method with teacher centered approach (expository) and consider that the learners are the learning objects and not as the learning subjects so that the learning tends to provide explanation causing less satisfied learning outcomes. One of the solution alternatives is by using guided inquiry learning method. Also the thinking style as one of the learner characteristics is rarely considered in improving the learning quality. This research aimed at investigating (1) the difference of learning outcomes between the learners learned by using guided inquiry and the learners learned by using expository method (2) the difference of learning outcomes between the group of learners having convergent thinking style and the group of learners having divergent thinking style and (3) interaction between the use of learning method and thinking style on the learning outcomes of learners namely elementary school students at the V grade. This study applied an experiment at quasi design with the factorial design of 2x2. The research subjects are the learners in elementary school Al Azhar Syifa Budi Solo in the V grade in the education year of 2016/2017 namely by 105 students divided into 4 classes. Selection of research sample was conducted by group / class by random resulting V grade of Anas (25 students) as the experiment group learning by using guided inquiry and V Grade of Jabir (25 students) as the control group learning by expository method. Data collection was conducted by using questionnaire to differentiate thinking style and to test on the learning outcome given after the treatments. Data analysis technique used was variant analysis technique (ANAVA) two path 2x2 with assistive program of IBM SPSS 24 for windows. Results of the research show that (1) there are differences of learning outcomes between the learners learned by using guided inquiry and the learners learned by using expository method (2) there are differences of learning outcomes between the learners having convergent thinking style and the learners having divergent thinking style (3) there are interactions between the learning method and thinking style on the learning outcomes of learners. Results of descriptive statistics show mean score of learner group learned by guided inquiry method by 90 5 as higher than the learner group learned by expository method (84 4) and mean score of the learner group having convergent thinking style by 89 46 as lower than the learner group having divergent thinking style namely by 91 68. Based on the research findings it is recommended that the teachers can use guided inquiry method and consider the thinking style in the integrated thematic learning in Elementary School to improve the learners learning outcomes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63100

Actions (login required)

View Item View Item