Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Kresnanda Dwi Puspita Ayu Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Kresnanda Dwi Puspita Ayu Megawati

Megawati, Kresnanda Dwi Puspita Ayu (2016) Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran IPS SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang / Kresnanda Dwi Puspita Ayu Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Megawati Kresnanda Dwi Puspita Ayu. 2016. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran IPS SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Konstruktivisme Aktivitas Siswa Hasil belajar Siswa IPS SD Pembelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan guru kelas IV di SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang tentang pembelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi di Indonesia diperoleh hasil observasi bahwa peserta didik di kelas IV banyak yang ramai terlihat mengantuk pada saat pembelajaran banyak yang mengganggu temannya dan tidak aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Konstruktivisme pada pembelajaran aktivitas ekonomi di kelas IV SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan pendekatan Konstruktivisme pada pembelajaran aktivitas ekonomi di kelas IV SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan Konstruktivisme pada pembelajaran aktivitas ekonomi di kelas IV SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah kelas IV SDN Jambearjo 2 Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 23. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata pada siklus 1 yaitu 65 7. Sedangkan rata-rata pada siklus 2 70 3. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat pada pra tindakan sebesar 67 47 rata-rata siklus 1 menjadi 72 6 dan rata-rata siklus 2 menjadi 78 3. Kesimpulan penelitian menyatakan penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jambearjo 2 pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini mengharpkan agar pendekatan konstruktivisme dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS khususnya materi aktivitas ekonomi di Indonesia sehingga pembelajaran akan bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6310

Actions (login required)

View Item View Item