Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk siswa kelas II SD Negeri 22 Kepahiang / Iis May Dian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk siswa kelas II SD Negeri 22 Kepahiang / Iis May Dian

Dian, Iis May (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk siswa kelas II SD Negeri 22 Kepahiang / Iis May Dian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dian Iis May. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Kelas II SD Negeri 22 Kepahiang. Tesis Prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Tematik CTL Perangkat pembelajaran adalah komponen pembelajaran yang harus disiapkan guru sebelum pembelajaran. Guru hendaknya merencanakan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa agar keberhasilan pembelajaran bisa tercapai. Namun kenyataannya masalah dalam menyusun perangkat pembelajaran masih banyak dialami oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi langsung di SD Negeri 22 Kepahiang Bengkulu ditemukan fakta bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan masih kurang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kebutuhan siswa. Perangkat yang dianalisis pada penelitian ini yaitu RPP dan bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan bahan ajar tematik berbasis CTL yang valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL menggunakan model pengembangan Borg Gall (1983) yang terdiri atas sepuluh langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan awal draft produk (4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing) (5) revisi hasil uji coba lapangan awal (6) uji coba terbatas (7) penyempurnaan hasil uji coba (8) uji coba lapangan (9) peyempurnaan produk akhir (10) diseminasi dan implementasi. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penghitungan skor validasi skor angket respon guru dan siswa dan skor aktivitas dan hasil belajar siswa. Data Kualitatif diperoleh dari hasil tanggapan saran dan masukan dari validator guru dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi ahli angket respon guru dan siswa lembar penilaian pretest dan posttest dan lembar observasi. Produk pengembangan sebelum diujicobakan divalidasi ahli materi ahli desain pembelajaran dan ahli bahasa. Hasil rata-rata dari validasi ahli terhadap RPP dan buku siswa yaitu sebesar 88 6 % dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata uji kepraktisan berdasarkan angket respon guru dan siswa mencapai persentase sebesar 89 9 % dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data keefektifan produk dilihat dari hasil penelitian dengan kuasi eksperimen yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang dianalisis yaitu berupa nilai hasil pretest dan posttest dari kedua kelas lalu dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 24. Kesimpulan hasil uji t menunjukkan bahwa ada perbedaaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL dengan kelas yang tidak menggunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tematik berbasis CTL yang telah dikembangakan dalam penelitian ini dikatakan valid praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Saran peneliti pada penelitian ini yaitu guru hendaknya menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan namun harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dari sekolah tersebut. Guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis CTL hendaknya lebih kreatif untuk menyiapkan rancangan pembelajaran dan juga bisa menyesuaikan alokasi waktu dengan baik serta ekstra dalam kegiatan membimbing kegiatan kelompok sehingga pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63098

Actions (login required)

View Item View Item