Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar (studi pada SMP 17 Kota Serang) / Yayan Inriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar (studi pada SMP 17 Kota Serang) / Yayan Inriyani

Inriyani, Yayan (2017) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar (studi pada SMP 17 Kota Serang) / Yayan Inriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Inriyani Yayan 20017. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof Dr Wahyoedi ME.M.Pd (2) Prof Dr Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Kegiatan Ekstrakurikuler Prestasi Belajar Motivasi. Kegiatan ekstrakurikuler memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap dunia pendidikan karena kegiatan ekstrakurikuler hal ini ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian bakat serta kemampuannya di berbagai bidang di luar jam akademik serta memberikan motivasi kepada siswa untuk memperoleh prestasi belajar yang optimal khususnya prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Mata pelajaran IPS di SMP 17 Kota Serang merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai nilai rendah. Pada tahun 2015 nilai rata-rata nilai IPS adalah 70% dari nilai KKM yang di tetapkan sebesar 75%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh (1) kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS (2) Kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar (3) Motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (4) kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto dengan populasi sebanyak 288 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 167 siswa pada kelas VII di SMP 17 Kota Serang dengan menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert lima alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jaluratau path analisys dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung positif signifikan kegiatan ekstrakurkuler terhadap prestasi belajar siswa 2) terdapat pengaruh langsung positif signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa 3) terdapat pengaruh langsung positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa 4) terdapat pengaruh tidak langsung antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Berdasarkan kesimpulan dari kajian di atas terdapat saran (1) Kepada sekolah agar mengupayakan dan menindak lanjuti agenda-agenda kegiatan ekstrakurikuler apa yang akan dilakukan dan melalui kebijakan-kebijakannya diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi siswa dalam rangka pencapaian prestasi belajar siswa itu sendiri (2) Kepada guru selain sebagai guru itu sendiri dan sebagai pembina ekstrakurikuler diharapkan mampu menggali dan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal (3) Kepada siswa diharapkan mampu menggali dan memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan motivasi belajarnya sendiri sehingga mendapatkan prestasi belajar yang maksimal di sekolah. (5) Bagi peneliti penelitian ini diharapkan memperluas cakupan populasi yang akan digunakan dalam penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63091

Actions (login required)

View Item View Item