Pengembangan media video klip sebagai suplemen pembelajaran materi kebegaraman budaya bangsaku / Erlin Hartanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video klip sebagai suplemen pembelajaran materi kebegaraman budaya bangsaku / Erlin Hartanti

Hartanti, Erlin (2017) Pengembangan media video klip sebagai suplemen pembelajaran materi kebegaraman budaya bangsaku / Erlin Hartanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartanti Erlin. 2017. Pengembangan Media Video Klip Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata Kunci pengembangan media video klip suplemen pembelajaran Keberagaman Budaya Bangsaku adalah materi yang dibelajarkan di kelas IV SD. Materi ini mencakup informasi tentang kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti guru mengalami kesulitan pada saat membelajarkan materi ini demikian juga siswa merasa tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa video klip yang layak sebagai suplemen untuk pembelajaran materi Keberagaman Budaya Bangsaku sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan lima langkah pengembangan yang merujuk pada model yang dikembangkan Lee Owens. Subyek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa dan guru SD N Nogotirto Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi ahli media video klip memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata kevalidan produk sebesar 81 85%. Tingkat kepraktisan dan kemenarikan produk berdasarkan uji coba pengguna berturut-turut adalah 96 38% dan 94 39% hal ini menunjukkan bahwa media video klip pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis dan sangat menarik. Keefektifan diukur berdasarkan aktivitas siswa. Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan media video klip pada saat uji coba lapangan memperoleh tingkat pencapaian 89 00%. Jika dikonversikan pada kriteria keaktifan hasil ini memenuhi kriteria sangat aktif. Berdasarkan seluruh hasil analisis produk meliputi kevalidan kepraktisan kemenarikan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa video klip pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran materi Keberagaman Budaya Bangsaku. ABSTRACT Hartanti Erlin. 2017. The Video Clip Media Development as Learning Instructional Supplements on Nation Cultural Diversity Matter. Thesis. Basic Education Studies Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. Keywords development media video clips instructional supplements Nation Cultural Diversity is a matter that learned in the fourth grade. These materials provide information about the cultural wealth in Indonesia. Based on interviews and observations conducted by researchers teachers experienced difficulties in teaching this material students are not interested in the material submitted by teachers. The purpose of this study is to produce instructional media such as video clips that feasible as a supplement on Nation Cultural Variety matter so that learning can take place in a more fun and motivate students to be more active in learning. This study uses a five-step development refers to the model developed by Lee Owens. Test subjects in this study were students and teachers of SD N Nogotirto Gamping Sleman. Data collection instruments used were the validation sheet questionnaire and observation sheet. Data analysis technique used is descriptive analysis of qualitative and quantitative descriptive. The results showed that based on the results of expert validation video clips media meet the criteria of very valid with an average of 81.85% product validity. The level of practicality and attractiveness of the products based on user trials are respectively 96.38% and 94.39% this suggests that the media instructional video clips meet the criteria of very practical and very attractive. Effectiveness was measured by student activity. Activities of students during learning using video clips media during field trials acquire 89.00% rate of attainment. If converted to the criteria liveliness these results meet the criteria of very active. Based on the results of the product analysis include validity practicality the attractiveness and effectiveness can be concluded that the video clip is very well worth to be used as learning instructional supplement on Nation Cultural Diversity matter.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63090

Actions (login required)

View Item View Item