Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII (studi SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah) / Muhammad Yulia Hendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII (studi SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah) / Muhammad Yulia Hendra

Hendra, Muhammad Yulia (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII (studi SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah) / Muhammad Yulia Hendra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hendra Muhammad Yulia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII (Studi SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr.SugengUtaya M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd Kata Kunci Two Stay Two Stray Motivasi Hasil Belajar Berdasarkan data hasil ulangan harian siswa mata pelajaran IPS diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah masih rendah dan motivasi belajar siswa juga masih rendah karena kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah pada materi fungsi dan peran sumber daya alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan mengacu pada model Kemmis Taggart (2005) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah yang berjumlah 28 siswa terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi (1) observasi (2) angket dan (3) tes hasil belajar. Data tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two straydikumpulkan melalui observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran dan pengisian angket motivasi belajar siswa dilakukan sebelum tindakan dan setiap akhir siklus. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar dilakukan pada tiap akhir siklus. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa (1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dansiklus II hal inikarena dalam penerapan model pembelajarankooperatiftipetwo stay two straysiswamenjadi sangattermotivasidengansalingbekerjasamamenguasaimateripelajaran yang ditugaskan guru menjadikansiswalebihmudahdalambelajarsertabagisiswa yang mengalamikesulitandalammemahamimateripelajaranakanterbantudalammenguasaimateripelajaran (2) hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan serta ketuntasan belajarnya sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 85%.Penerapan model pembelajarankooperatiftipetwo stay two stray siswabelajar bersama dalam kelompok sehingga akanlebihcepatmemahamiataumengertitentangmateri yang dipelajaridanapa yang inginmerekaketahui. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya lebih optimal dalam pengelolaan kelas dan memberikan pengawasan kepada siswa pada saat kegiatan pembelajaran khususnya pada kegiatan bertamu sehingga waktu yang digunakan lebih efesien guru harus membiasakan siswa untuk aktif dalam kegiatan diskusi serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan guru diharapkan menjadikan pembelajaran two stay two stray sebagai alternatif model pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. ABSTRACT Hendra Yulia Muhammad. 2017. The Implementation of Two Stay Two StrayStrategy on Social Science(IPS) to ImproveMotivation and Learning Outcomesof the VIII Graders (A Study at SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah). Thesis Graduate Program in Elementary Education State University of Malang Advisors (I) Prof. Dr. SugengUtaya M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Keywords Two Stay Two Stray Motivation Learning Outcomes. Based on the students daily tests data on social science (IPS) subject the learning outcome of the VIII graders at SMP NegeriPulauLaut Tengah is still low and the students motivation is also still low due to a lack of teacher s creativity in using learning models. The purpose of this study is to describe the implementation of two stay two stray strategy to improve motivation and learning outcomes of the VIII Graders at SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah on the materials of functions and roles of natural resources. It was a Classroom Action Research (CAR) held in two cycles byreferring to the Kemmis and Taggart (2005)model includingthe four stages planning action observation and reflection. The subjects of this study were 28 eightgrade students of SMP Negeri 3 Pulau Laut Tengah consisting of 12 male and 16 female students. The instruments used in collecting the data including (1) observation (2) questionnaire and (3) achievement test. The data on the implementation of the two stay two straystrategywere collected through observation at the teaching and learning processes. The questionnaire on students motivation was filled out before teaching and everylast cycle of this study. Meanwhile the learning outcome data were collected through the student learning outcome test at every end of each cycle. From this study it was obtained that (1) the students motivation in learning increased from cycle I to cycle II this is because of the application of two stay two stray cooperative learning model that the students were really motivated to cooperate to master the materials given by the teacher that it made the students to learn easier. It also helped the students who had problems to understand the lesson to master the material (2) the learning outcomes from cycle I to cycle II increased and the students fulfilled the criterion of success inasmuch 85%. The implementationof two stay two straystrategy facilitated students to learn in groups understand the material fast and answer their curiosity. The given suggestions to teachers are that they can maximize the classroom management and monitor students on the learning particularly on the visit activity so that the time used is more efficient teacher must accustom students to be active in the discussion and responsible to the tasks given and teachers are expected to make the two stay two stray as an alternative strategy in learning social science (IPS) to increase students motivation and learning outcomes.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63088

Actions (login required)

View Item View Item