Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang / Nurhayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang / Nurhayani

Nurhayani (2017) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang / Nurhayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayani. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci perpustakaan motivasi prestasi belajar IPS Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena memiliki beragam sumber informasi dan ilmu pengetahuan terutama dalam pembelajaran IPS yang selalu mengalami perubahan. Tersedianya fasilitas yang lengkap di perpustakaan dapat membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPS. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan bagian dari kurikulum yang juga berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar bertanggung jawab penuh untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam pengetahuan keterampilan sikap dalam bermasyarakat. Namun demikian masih terjadi penurunan prestasi belajar IPS dan motivasi siswa yang rendah karena kurang siswa kurang memanfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini mengamati tentang pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar (2) mengetahui pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS (3) mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (4) mengetahui pengaruh tidak langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Jenis penelitan ini adalah kuantitaif ex post facto. Populasi adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singkawang sebanyak 255 orang dan Sampel yang digunakan sebanyak 156 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan angket sebagai instrumen variabel pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar sedangkan prestasi belajar siswa didapat dari nilai raport siswa semester ganjil tahun 2016/2017. Hasil dari angket dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program komputer SPSS for window versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar yang positif dan signifikan 2) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS yang positif dan signifikan 3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS yang positif dan signifikan 4) terdapat pengaruh tidak langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar. Berdasarkan kesimpulan dari kajian di atas dapat dikemukakan beberapa saran antara lain 1) sekolah harus lebih meningkatkan fasilitas perpustakaan yang lebih lengkap dan memadai seperti tersedianya internet bahan pustaka yang sesuai dan relevan dengan kurikulum yang digunakan 2) guru berkolaborasi dengan petugas perpustakaan untuk dapat menuntun siswa menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi guru dan sumber belajar dengan meningkatkan kemampuan literasi siswa agar kemampuan siswa dalam memahami isi buku lebih terasah sehingga wawasan siswa lebih berkembang 3) guru dan petugas perpustakaan secara terus menerus mempromosikan isi bahan pustaka dan kelengkapan fasilitas yang ada di perpustakaan agar siswa lebih mengenal perpustakaan 4) dorongan terutama dari guru harus lebih ditingkatkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung untuk menarik motivasi dari dalam diri siswa (instrinsik) karena motivasi intrinsik sangat dominan pengaruhnya terhadap prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63087

Actions (login required)

View Item View Item