Studi fenomenologi makna aktivitas petani ladang NCAI Kapenta Bima sebagai sumber belajar kontekstual IPS / Baharudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi makna aktivitas petani ladang NCAI Kapenta Bima sebagai sumber belajar kontekstual IPS / Baharudin

Baharudin (2017) Studi fenomenologi makna aktivitas petani ladang NCAI Kapenta Bima sebagai sumber belajar kontekstual IPS / Baharudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baharudin. 2017. Studi Fenomenologi Makna Aktivitas Petani Ladang Ncai Kapenta Bima sebagai Sumber Belajar Kontekstual IPS. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. Kata Kunci fenomenologi makna aktivitas sumber belajar kontekstual Penelitian ini bermula dari pengamatan awal bahwa guru yang melaksanakan pembelajaran IPS di kelas tidak menyelenggarakan pembelajaran kontekstual. Sedangkan di satu sisi terdapat potensi sumber belajar kontekstual di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah aktivitas petani ladang di Ncai Kapenta Bima. Untuk itu diadakan penelitian untuk mengkaji aktivitas petani ladang Ncai Kapenta Bima sebagai sumber belajar kontekstual IPS. Fokus penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan oleh petani ladang di kawasan Ncai Kapenta Bima sejak dimulainya masa tanam sampai masa panen 2) Menjelaskan makna aktivitas petani ladang di kawasan Ncai Kapenta Bima dari sudut pandang ekonomi sosial budaya sejarah geografi dan etika religius 3) Mentautkan makna aktivitas petani ladang di kawasan Ncai Kapenta Bima dengan pembelajaran IPS sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar kontekstual IPS di tingkat SMP. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi yang mana peneliti berperan sebagai pengamat partisipan. Lokasi penelitian di Ncai Kapenta Bima Provinsi NTB. Subyek penelitian terdiri dari 4 orang petani ladang sebagai informan utama yang dipilih melalui teknik snowball sampling. Sedangkan informan pendukung adalah lurah Jatibaru tokoh budaya keluarga petani dan ketua kelompok tani. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Proses validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang mencoba menjawab fokus penelitian pertama adalah aktivitas perladangan Ncai Kapenta terdiri dari a) Persiapan lahan sebelum masa tanam pembersihan lahan (note ma a dan sempro) pembuatan dan perbaikan pagar pembatas (nteli kuta haju kuta bronjo) dan tu u salaja b) Masa tanam berdoa bersama mabu dei tradisi sagele dan weha rima cepe rima c) Masa perawatan tonggu ra sandaka hui dan pupu d) Masa panen rombe rape/ tarese dan londo doro. Untuk fokus penelitian kedua ditemukan bahwa makna aktivitas yang muncul adalah makna secara ekonomi sosial budaya sejarah geografi dan etika religius. Sedangkan untuk fokus penelitian ketiga tautan pembelajaran dari makna aktvitas terdapat pada Kompetensi Dasar (KD) kelas VIII yaitu pada KD 3.1 KD 3.4 dan KD 4.3. Dari tautan makna ini kemudian dibuatkan keterpaduan tematik berdasarkan potensi daerah. ABSTRACT Baharudin 2017. A Phenomenology Study of the Meaning of Farmers Activities of Ncai Kapenta Bima as Source of Social Study Contextual Learning. Thesis. Social Study of Primary Teacher Education Post Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dra. Hj. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Key Words phenomenology meaning activities contextual learning sources This study begins with the initial observation at the SMPN 11 Kota Bima an conducted that leads to the fact that social studies teacher has not implemented a contextual learning yet. In spite of the availability of potential sources for contextual learning in the surroundings. One of the sources is the farmers activities of Ncai Kapenta Bima. Therefore a research is conducted regarding the meaning of farmers activities of Ncai Kapenta Bima as Source of Social Study Contextual Learning. The focused is 1) describing the farmers activities of Ncai Kapenta Bima from tillage of the planting period to harvest period 2) explaining of the meaning of farmers activities in the light of economic social cultural historical geographical and religious ethics point of view 3) relating of the meaning of farmers activities to the Junior High School level social studies for contextual learning purposes. The method is qualitative research employed a phenomenology study design in which the researcher acted as an observer participant. The research was conducted in Ncai Kapenta Bima of West Nusa Tenggara Province with 4 farmers selected through snowball sampling as the research subjects that also served as the primary informants. The supportive informants comprised the head of the Jatibaru office a humanist farmer family the head of the farming groups and students. The data collection was obtained from in-depth interview observation and documentation. The data was analyzed technique qualitative using 1) data reduction 2) display and 3) conclusion. The validating process involved the triangulation of the data source and method. The results is 1) the agricultural activities in Ncai Kapenta comprise a) tillage before the planting period land clearing (note ma a and sempro) constructing and fixing the divider fence (nteli kuta haju kuta bronjo) and tu u salaja b) planting period corporate prayer mabu dei led by pina sagele tradition and weha rima cepe rima tradition c) treatment period tonggu ra sandaka hui and pupu d) harvest period rombe rape/ tarese utilization of crops and londo doro. 2) The meaning in terms of economic social cultural historical geographical and religious ethics. 3) The related of the meaning of activities to the basic competence (KD) of grade 8 social studies in this regard item 3.1 3.4 and 4.3. From the relation a thematic integration is thus created based on the local potential. It is suggested that the next researcher should develop a contextual material related to the result of this research.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63086

Actions (login required)

View Item View Item