Peningkatan kemampuan bercerita melalui media animasi pada kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Dwi Pusmiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita melalui media animasi pada kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Dwi Pusmiyati

Pusmiyati, Dwi (2016) Peningkatan kemampuan bercerita melalui media animasi pada kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Dwi Pusmiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pusmiyati Dwi. 2016. Peningkatan Kemampuan Bercerita melalui Media Animasi pada Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd. (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. Kata Kunci kemampuan bercerita media animasi kelompok b Bercerita merupakan salah satu perkembangan bahasa yang dialami anak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak masih belum optimal yaitu dari 15 anak ada 11 anak (73 33%) yang belum memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan 4 anak (26 67%) sudah memenuhi criteria ketuntasan. Belum optimalnya kemampuan bercerita anak di sebabkan dalam proses pembelajaran guru menggunakan media yang kurang menarik oleh karena itu perlu ada perbaikan media serta cara mengajar seperti membimbing anak melakukan kegiatan mengenalkan media dan mengatur tempat duduk. Penelitian ini menggunakan media animasi agar anak mudah mengingat cerita sehingga anak bisa menceritakan kembali dengan runtut serta dengan pelafalan yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan-tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar. Dalam penelitian ini peneliti sebagai sebagai observer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase data aktifitas guru pada siklus I sebesar 72 72% dengan kriteria cukup sedangkan aktifitas anak sebesar 76 22% dengan kriteria baik. Hasil penilaian sikap anak sebesar 73 23% dengan kriteria cukup pengetahuan anak 73 53% dengan kriteria cukup serta keterampilan sebesar 69 30% dengan kriteria cukup. Skor rata- rata ketuntasan kemampuan bercerita anak pada siklus I sebesar 71% dengan kriteria cukup. Hasil ketuntasan pada siklus I dari 15 anak 10 anak (67%) tuntas dan 5 anak (33%) tidak tuntas. Hasil penelitian siklus II persentase aktifitas guru sebesar 93 18% dengan kriteria sangat baik sedangkan aktifitas anak pada sebesar 88 57% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian sikap anak sebesar 86 87% dengan kriteria sangat baik pengetahuan anak 86 87% dengan kriteria sangat baik serta keterampilan sebesar 83 07% dengan kriteria baik. Skor rata- rata ketuntasan kemampuan bercerita anak pada siklus II sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Hasil ketuntasan pada siklus II dari 15 anak 14 anak (93%) tuntas dan 1 anak (7%) tidak tuntas. Berdasarkan penelitian diperoleh persentase keberhasilan 93% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil adalah media animasi efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media animasi untuk meningkatkan segala aspek perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item