Pengembangan suplemen buku ajar tematik untuk kelas IV SD Negeri Nogotirto Kabupaten Sleman / Sandi Haryadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen buku ajar tematik untuk kelas IV SD Negeri Nogotirto Kabupaten Sleman / Sandi Haryadi

Haryadi, Sandi (2017) Pengembangan suplemen buku ajar tematik untuk kelas IV SD Negeri Nogotirto Kabupaten Sleman / Sandi Haryadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryadi Sandi. 2017. Pengembangan Suplemen Buku Ajar Tematik untuk Kelas IV SD Negeri Nogotirto Kabupaten Sleman. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (2) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. Kata Kunci pengembangan suplemen buku ajar pembelajaran tematik pendekatan kontekstual energi alternatif dan sumber daya alam Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran di kelas adalah buku ajar. Buku ajar yang baik idealnya disusun berdasarkan karakteristik siswa dan tuntutan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan observasi analisis buku ajar dan wawancara diperoleh hasil bahwa buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran tematik masih bersifat umum dan kurang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan pengalaman dan lingkungan anak sebagai sumber belajar dan konstruksi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suplemen buku ajar berbasis kontekstual pada materi energi alternatif dan sumber daya alam yang valid praktis dan efektif. Komponen pendekatan kontekstual yang termuat dalam suplemen buku ajar meliputi (1) constructivism (2) inquiry (3) questioning (4) learning community (5) modelling (6) reflection dan (7) authentic assessment. Pengembangan suplemen buku ajar tematik menggunakan model pengembangan Dick Carey (2009) sampai tahap ke sembilan untuk menguji kelayakan produk yaitu (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. Pada tahap validasi produk pengembangan berupa suplemen buku ajar yang terdiri dari buku siswa dan buku pedoman guru divalidasi oleh validator ahli dan praktisi sebelum diujicobakan. Setelah divalidasi suplemen buku ajar direvisi dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari validator. Kepraktisan dan keefektifan buku ajar dinilai saat uji coba lapangan. Kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru aktivitas siswa dan respon guru. Keefektifan buku ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa (kognitif psikomotorik dan afektif) serta respon siswa. Pengembangan ini menghasilkan suplemen buku ajar yang valid berdasarkan penilaian validator dengan skor 86 16% untuk buku siswa dan 89 64% untuk buku pedoman guru. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa suplemen buku ajar dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori aktif dengan persentase 86 90% dan 84 61%. yang berarti bahwa siswa dan guru aktif saat menggunakan produk suplemen buku ajar. Skor respon guru 3 67 pada kategori respon positif . Berdasarkan skor aktivitas guru aktivitas siswa dan respon guru menunjukkan bahwa suplemen buku ajar yang dikembangkan praktis. Rerata belajar siswa Muatan IPA sebesar 81 05 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90 81%. Untuk Muatan IPS rerata hasil belajar sebesar 81 82 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93 10%. Skor respon siswa 3 64 berada pada kategori respon positif . Berdasarkan data tes hasil belajar dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa suplemen buku ajar yang dikembangkan efektif. Dari serangkaian uji coba dapat diketahui kelebihan suplemen buku ajar yang telah dikembangkan. Kelebihannya yaitu (1) suplemen buku ajar dirancang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa (2) suplemen buku ajar menggunakan model pengambangan Dick Carey (2009) yang sistematis (3) suplemen buku ajar telah divalidasi oleh validator ahli dan praktisi serta telah diuji cobakan sehingga suplemen buku ajar memperoleh kategori valid praktis dan efektif (4) suplemen buku ajar menjadi acuan dan membantu siswa untuk mengonstruksi sendiri konsep pengetahuan dalam pikirannya khususnya konsep yang berkaitan dengan energi alternatif dan sumber daya alam (5) materi pada suplemen buku ajar diawali dengan masalah nyata pengalaman siswa atau lingkungan sekitar siswa dan (6) suplemen buku ajar mengasah kepedulian siswa untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan seefisien mungkin. ABSTRACT Haryadi Sandi. 2017. Developing Thematic s Supplementary Book for Fourth Graders of Nogotirto Elementary School in Sleman Regency. Thesis. Basic Educations. Graduate Programs of State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (2) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. Keywords developing supplementary book thematic learning contextual approach alternative energy and natural resources. One of the factors that affect the quality of learning in the classroom is the student s book. Good student s book is ideally prepared based on student s characteristics and the curriculum applied. Based on the observations analysis of students book and interviews showed that the book used in thematic learning is less contextual with the students daily life. Contextual learning is an approach that uses children s experiences and the environment as a source of learning to construct knowledge. The aims of this research is produce a valid practise and effective supplementary book based on contextual approach on alternative energy and natural resources materials. Contextual approach components in this supplementary book are 1) constructivism 2) inquiry 3) questioning 4) learning community 5) modeling 6) reflection and 7) authentic assessment. Development of thematic s supplementari book using Dick Carey s model (2009) to ninth phase for testing product feasibility (1) asses needs to identity goals (2) conduct instructional analyze (3) learners and contexts analyze (4) write performance objectives (5) develop assesment instruments (5) develop instructional strategies (7) develop and select instructional materials (8) design and conduct formative evaluations and (9) revising materials instructional. In the validation phase supplementary book as development product validated by experts and user validator before tested. After validated the supplementary book was revised by considering the validator s suggestions and comments. Supplementary book s practicality and effectiveness rated by current field trials. Practicality acquired through teacher activity observation students activity observations and teacher response. Product s effectiveness obtained through learning outcomes (cognitive psychomotor affective) and students response. This development has produce the valid supplementary book based on validator assessment with score of 86.16% for student s book and 89.64% for teacher s guide. Based on the validation results show that the supplementary book is very valid. The results of field trials showed teacher s and student s activities are in the active category with a percentage of 86.90% and 84.61%. Which means that the students and teacher are active when using the product. Teacher s response score 3.67 in the positive response category. Based on the teacher activity score students activity and teacher response indicate that the supplementary book were practical s developed. Based on learning outcomes it was obtained that for natural science subject average of learning outcomes is 81.05 with percentage of clasical completeness 90.81%. For social sience the average of learning outcomes is 81 82 with percentage of clasical completeness 93.10%. The student response score of 3.64 is in the positive response category. Based on students leaarning outcomes and student response can be concluded that the supplementary book were developed effectively. Based on the testing we could know the strength of thematic s supplementary which has been developed. The strength are (1) the supplementary book is designed according to the characteristics and needs of the students (2) the supplementary book using the Dick Carey (2009) model (3) the supplementary book has been validated by expert and practitioner and has been tested so that the supplementary book obtain valid practical and effective (4) the supplementary book become references and help the students to construct their own concepts of knowledge relating to alternative energy and natural resources (5) the material on supplementary book begins with real problems student experiences or the environment around the students and (6) the supplementary book helped the students awareness to make the most of natural resources as efficiently as possible.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63079

Actions (login required)

View Item View Item