Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makasar / Auliah Sumitro H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makasar / Auliah Sumitro H.

Sumitro H., Auliah (2017) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makasar / Auliah Sumitro H. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumitro Auliah. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning Motivasi Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal pada proses pembelajaran IPS di SD Inpres Bangkala III Kota Makassar masih terhambat oleh beberapa permasalahan rendahnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran IPS dan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran IPS. Sebagai alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pada setiap siklus yang dilaksanakan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Peneliti dibantu oleh 2 guru yang bertindak sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bangkala III Kota Makassar dengan subjek penelitian 21 siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Data dalam penelitian berupa a) lembar observasi untuk mengetahui keterlakasanaan penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran b) angket motivasi model ARCS yang diberikan setiap akhir siklus untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran dan c) soal evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Problem Based Learning terjadi peningkatan motivasi siswa pada keempat aspek dengan rincian pada aspek attention meningkat sebesar 11 28% dari 73 04% pada siklus I menjadi 84 32% pada siklus II pada aspek relevance meningkat sebesar 9 64% dari 76 55% pada siklus I menjadi 86 19% pada siklus II pada aspek confidence meningkat sebesar 10 62% dari 71 56% pada siklus I menjadi 82 18% pada siklus II dan pada aspek satisfaction meningkat sebesar 14 88% dari 71 79% pada siklus I menjadi 86 67% pada siklus II. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 14 29% dari 78 94% pada siklus I menjadi 85 96% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63076

Actions (login required)

View Item View Item