Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan / Yustin Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan / Yustin Susanti

Susanti, Yustin (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan game puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan / Yustin Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Yustin. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Game Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (Studi pada Siswa Kelas V SDN Mangunharjo 02 Batang). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif tipe STAD game puzzle aktivitas dan hasil belajar siswa Berdasarkan data yang diperoleh pada saat melakukan observasi studi pendahuluan di kelas V SDN Mangunharjo 02 Batang diperoleh data bahwa aktivitas dan hasil belajar pada subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan masih rendah. Aktivitas belajar siswa tampak pasif belum berani bertanya maupun menjawab pertanyaan tidak bersemangat mengikuti pembelalajaran dan kegiatan berpusat pada guru (teacher centered). Data hasil belajar menunjukkan dari jumlah siswa sebanyak 20 anak hanya ada 3 siswa (15%) yang tuntas (mendapatkan nilai 8805 KKM yaitu 75) dan 17 siswa (85%) lainnya belum tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangunharjo 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan game puzzle. Indikator keberhasilan yang menjadi target yaitu (1) keterlaksanaan pembelajaran mencapai kriteria sangat baik (2) aktivitas belajar siswa secara klasikal 90% baik dengan rata-rata 8805 75 (3) hasil belajar siswa yaitu tes akhir siklus rata-rata 8805 75 dengan ketuntasan klasikal 8805 80% rata-rata nilai tugas kelompok 8805 75 dan rata-rata nilai kuis individu 8805 75. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa Kelas V SDN Mangunharjo 02 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan game puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 85 28% (sangat baik) siklus II meningkat menjadi 96 67% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 66 27% (baik) siklus II meningkat menjadi 80 27% (baik). Hasil belajar tes akhir siklus I siswa yang tuntas sebesar 55% siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata siklus I sebesar 72 5 dan siklus II meningkat menjadi 89 5. Nilai rata-rata tugas kelompok pada siklus I mencapai 83 07 siklus II meningkat menjadi 96 67. Sedangkan nilai rata-rata kuis individu pada siklus I mencapai 82 87 dan siklus II meningkat menjadi 90 67. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan langkah-langkah presentasi kelas tim kuis skor perkembangan individu dan rekognisi tim berbantuan game puzzle berupa gambar-gambar terkait materi subtema pentingnya kesehatan diri dan lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63071

Actions (login required)

View Item View Item