Habidi (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS / Habidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Habidi 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D (2) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si Kata Kunci QQT IOC Keterampilan Berkomunikasi Hasil Belajar IPS Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri Satu Atap Melai One Kabupaten Wakatobi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 20 siswa kelas VIII. Data yang dikumpulkan melalui tes observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Penerapan model quiz-quiz trade ini dilakukan oleh dua orang siswa dengan cara berpasang-pasangan menggunakan kartu sedangkan model inside-outside circle siswa membentuk lingkaran dalam menghadap keluar dan lingkaran luar menghadap ke dalam. Peneliti membagi siswa menjadi dua kelompok ada kelompok A (atas) dan kelompok B (bawah) berikut langkah-langkah model quiz-quiz trade a) guru memberitahukan siswa untuk berdiri dan mengangkat tangannya ke atas kemudian berpasang-pasangan b) partner A menanyai B c) partner B menjawab d) partner A memuji atau mengajari e) partner berganti peran f) partner bertukar kartu dan saling mengucapkan terimakasih g) ulangi langkah 1 6 sampai waktu yang di tentukan habis. Selanjutnya langkah model inside-outside circle yakni a) siswa membentuk pasangan. Satu siswa dari masing-masing pasangan bergerak untuk satu lingkaran besar di kelas menghadap sebelah luar b) siswa lainnya mencari dan menghadapi patnernya c) siswa di lingkaran dalam mengajukan pertanyaan dari kartu pertanyaan mereka siswa lingkaran luar menjawab d) siswa di lingkaran dalam memuji atau memberi tahu e) patnernya berganti peran siswa-siswa lingkaran luar menanyakan dan mendengarkan kemudian memuji dan memberi tahu f) patner berganti kartu-kartu pertanyaan g) siswa lingkaran dalam memutar se arah jarum jam untuk mencari pasangan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle dapat meningkatkan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru pada pelajaran IPS terbukti dengan diperolehnya hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 80 09% dan meningkat sebesar 93 45% pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa diperoleh sebesar 77 99% dan meningkat sebesar 92 41% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside outside circle ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 45% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri Satu Atap Melai One kelas VIII diperoleh sebesar 75 52% pada siklus I melalui beberapa aspek penilaian yang dilakukan seperti keterbukaan empati sikap mendukung sikap positif dan kesetaraan sehingga terjadi peningkatan sebesar 84 04% pada siklus II sehingga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa serta keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dan terjadi pada siklus II dikarenakan telah dilakukannya perbaikan dari refleksi siklus I. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II yakni guru telah mampu mengkondisikan waktu sesuai yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran selain itu guru juga mengkoordinir siswa untuk menemukan pasangan yang tepat. Siswa sudah paham dalam melakukan permainan model quiz-quiz trade dan inside-outside circle siswa tidak ragu lagi dalam menjawab pertanyaan pada pasangannya siswa dapat percaya diri dalam bekerjasama dengan kelompoknya saling berinteraksi berbagi informasi dan memberikan pujian sehingga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle ini dapat optimal dan menunjukkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa sehingga disarankan a) dalam melaksanakan permainan model quiz-quiz trade dan inside-outside circle ini disarankan siswa mencari pasangan yang tepat agar tidak kebingungan sehingga pembelajaran yang terjadi menjadi menarik dan menyenangkan b) sebaiknya siswa yang kurang respon dan fokus terhadap penjelasan guru dilakukan pengarahan dan motivasi agar setiap siswa semangat dalam belajar c) dalam proses pembelajaran guru harus lebih detail dalam memperhatikan waktu agar pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP d) guru memberikan pengarahan agar siswa tidak ragu dalam menjawab pertanyaan terhadap pasangannya e) dalam penerapan model inside-outside circle ini sebaiknya siswa dalam selesai menjawab soal pertanyaan dari pasangannya harus selalu mengangkat tangan agar diketahui apabila sudah selesai f) pada penerapan model inside-outside circle siswa selalu menemukan pasangan yang sama saat berputar se arah jarum jam sehingga guru mengarahkan g) dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dan inside-outside circle ini siswa dapat bermain bekerjasama bergotong royong percaya diri dan terampil berkomunikasi dalam berbicara atau menyampaikan pendapat yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63070 |
Actions (login required)
View Item |