Peningkatan hasil belajar matematika materi pokok bilangan pecahan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw di kelas V SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar / Irma Agustin Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi pokok bilangan pecahan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw di kelas V SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar / Irma Agustin Mufidah

Mufidah, Irma Agustin (2016) Peningkatan hasil belajar matematika materi pokok bilangan pecahan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw di kelas V SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar / Irma Agustin Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah Irma Agustin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan Pecahan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Di Kelas V SDNKaulon 01 Kabupaten Blitar.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (2) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci matematika SD bilangan pecahan hasil belajar model Jigsaw Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain guru masih menggunakan metode konvensional yaitu guru memberikan penjelasan materi secara klasikal kemudian memberikan contoh soal dipapan tulis tanpa melibatkan keaktifan siswa. Sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Siswa lebih memilih bermain sendiri atau berbicara dengan teman satu bangkunya. Siswa juga masih malu dan ragu untuk menjawab pertanyaan ataupun mengajukan pendapat. Rendahnya sikap komunikatif dan sikap saling kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan.Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh data bahwa persentase nilai aktivitas guru dan siswa yang semula pada siklus I memperoleh kategori baik meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Untuk ketuntasan klasikal siswa yang semula pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 63% dengan rata-rata nilai kognitif sebesar 67 pada pertemuan 2 ketuntasan belajar klasikal sebesar 74% dengan rata-rata nilai kognitif sebesar 75. Meningkat pada siklus II pertemuan 1 ketuntasan klasikal sebesar 84% dengan rata-rata nilai kognitif 80.Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan rata-rata nilai kognitif sebesar 89.Selain itu juga dapat meningkatkan nilai sikap disiplin dan tanggung jawab siswa serta nilai keterampilan siswa dalam kemampuan berhitung dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi pokok bilangan pecahan melalui model pembelajaran Jigsaw telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran matematika sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6307

Actions (login required)

View Item View Item