Pengembangan hand out pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII semester II berbasis kontekstual di Kab. OKU Sumatera Selatan / Stephanus Hari Suprobo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan hand out pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII semester II berbasis kontekstual di Kab. OKU Sumatera Selatan / Stephanus Hari Suprobo

Suprobo, Stephanus Hari (2017) Pengembangan hand out pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII semester II berbasis kontekstual di Kab. OKU Sumatera Selatan / Stephanus Hari Suprobo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprobo StephanusHari. 2017.Pengembangan Hand OutPembelajaranIlmuPengetahuanSosial (IPS) Kelas VII Semester II BerbasisKontekstual Di Kab. OKU Sumatera Selatan.Tesis JurusanPendidikanDasar PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (2) Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata Kunci hand out pengembangan kontekstual Pembelajaran berbasis kontekstual mampu meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kontekstual siswa masih sulit ditemukan. Bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang tersedia pada umumnya bersifat nasional dan belum kontekstual. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terutama berkaitan dengan obyek pembelajaran di sekitar siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan dan observasi maka diperlukanlah bahan ajar tambahan yang dapat melengkapi buku teks. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran IPS berbasis kontekstual berbentuk hand out yang memiliki kevalidan dan kemenarikan yang tinggi. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Dick Carey Carey (2001). Pengembangan model ini tersusun atas sepuluh langkah namun dilakukan modifikasi prosedur menjadi tujuh langkah yaitu (1) analisis kebutuhan (2) analisis kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator Pembelajaran (3) penyusunan produk (4) validasi (5) revisi (6) ujicoba dan (7) draf akhir. Produk divalidasi beberapa ahli yaitu ahli materi desain dan bahasa sebelum diujicoba dalam kelompok kecil yaitu 15siswa dan kelompok besar yaitu 46 siswa. Data validasi dan uji coba berupa saran tanggapan dan penilaian sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh presentase sebesar 84 95 % sehingga layak digunakan dan tidak perlu direvisi. Produk divalidasi oleh ahli materi dan presentase yang didapatkan sebesar 80%. Untuk validasi desain oleh ahli desain pembelajaran presentase sebesar 78 75%. Sementara untuk validasi bahasa presentase sebesar 80%. Hasil ini memperlihatkan bahwa produk pengembangan sangat valid dan layak untuk digunakan uji coba. Hasil uji coba lapangan pada subyek guru didapatkan presentase sebesar 87 5%. Hasil uji coba kemenarikan kelompok kecil mendapatkan presentase 92 91%.Hasil uji coba kemenarikan kelompok besar siswa didapatkan presentase sebesar 90 51 %. Saran diseminasi sebaiknya dilaksanakan uji coba dalam kelompok yang lebih besar dan di lakukan pada daerah lain dengan konteks yang berbeda pula. Saran pengembangan bagi peneliti yang lain sebaiknya 1) melakukan pembuatan produk untuk jenjang pendidikan lain 2) penelitian sejarah di Prov. Sumatera Selatan sebagai suplemen pengajaran 3) pembuatan suplemen pembelajaran sehubungan dengan kearifan lokal Suku Ogan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63069

Actions (login required)

View Item View Item