Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa Sekolah Menengah Pertama / Ida Fitriyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa Sekolah Menengah Pertama / Ida Fitriyati

Fitriyati, Ida (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa Sekolah Menengah Pertama / Ida Fitriyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriyati Ida. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA UntukMeningkatkanKemampuanBerpikir Tingkat Tinggi danPenalaranIlmiahSiswaSekolahMenengahPertama.Tesis. Program Studi Pendidikan DasarKonsentrasi Pendidikan IPA Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. ArifHidayat M.Si (2) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran IPA kemampuanberpikirtingkattinggi penalaranilmiah Kemampuanberpikirtingkattinggidanpenalaranilmiahmerupakanduadaribeberapatujuanpentingdalampembelajaran IPA. Olehkarenaitumemerlukan perangkat pembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirtinggidanpenalaranilmiah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkanterdiridaribukusiswa buku guru dan media pembelajaran. Perangkat pembelajaraniniterdiridaritigajenisrepresentasiyaitumakroskopis sub mikroskopisdansimbolik. Tujuandaripenelitianiniadalahmengembangkan perangkat pembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggidanpenalaranilmiahsiswa. Model pengembangan yang digunakanpadapenelitianiniadalah model pengembangan 4D dariThiagarajan. Instrumenpengumpulan data berupaangket yang disebarkankepadaahlimateri ahli media ahlipendidikandanahlipenerapanlapangan. Daftarpertanyaan yang terdapatdidalamangketdigunakanuntukmemberikaninformasiaspekdarikebenaranisi kelayakandanketerbacaanproduk.Efektivitasprodukdiukurdenganmembandingkanhasil skor kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah kelaseksperimendankelaskontrol. Hasilpengembanganiniberupabukusiswa buku guru dan media pembelajaranpadamaterikemagnetandaninduksielektromagnetik. Hasilvalidasibukusiswa buku guru dan media pembelajarandapatdisimpulkanbahwa perangkat yang dikembangkandapatditerapkanpadapembelajarankemagnetandaninduksielektromagnetik. Hasilujiefektivitasmenunjukkan perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkanefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggidanpenalaranilmiahsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63064

Actions (login required)

View Item View Item